Singaraja- Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-Daljab) angkatan II tahun 2021 Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) telah memasuki tahap Praktik Pengenalan Lapangan (PPL). Melalui ini, mahasiswa yang terdiri atas sejumlah bidang studi diharapkan mampu menjadi pioneer pembaharuan dunia pendidikan. Demikian disampaikan Koordinator PPG Undiksha, Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd., dalam kegiatan pengarahan yang berlangsung secara virtual, Kamis (1/7/2021).
PPL yang berlangsung sampai 6 Agustus 2021 diikuti 352 mahasiswa dengan bidang studi bahasa Bali, guru kelas SD, guru kelas TK, dan Ilmu Pengetahuan Alam. PPL dilaksanakan di sekolah asal dengan menggunakan mode daring sebagai dampak pandemi Covid-19. “Sebelum mengikuti PPL, peserta harus lulus ujian komprehensif. Ujian ini salah satu terobosan yang ditemukan oleh pengembang PPG untuk meyakinkan bahwa calon guru yang praktik nanti di sekolah, yang langsung berhadapan dengan siswa menguasai konten maupun strategi pembelajaran yang harus ia terapkan,” jelas Nurjaya.
Ditegaskan, PPL ini menunjukkan akumulasi pengetahuan yang menjadi penciri seorang guru profesional. Oleh karena itu, tahapan ini menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan bagi para mahasiswa. Melalui tahapan ini pula, mahasiswa yang merupakan seorang guru tidak lagi hanya berkutat sebagai pengajar atau hanya sebagai penerus materi kepada peserta didik. Tetapi juga harus mampu tampil sebagai pendidik. “Yang di dalamnya tentu kita bisa pahami. Dia menjadi teladan, menjadi motivator, menjadi penggerak, dan sebagainya,” ujar akademisi Pendidikan Bahasa Indonesia ini.
Keikutsertaan dalam PPL, guru sekaligus diharapkan mampu menjadi pioneer pembaharuan dunia pendidikan, seperti merancang media pembelajaran inovatif yang relevan untuk mendukung pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 maupun temuan-temuan bermanfaat lainnya yang dapat dijadikan sebagai karya ilmiah maupun artikel. “Menghasilkan karya ilmiah itu tentu salah satu wujud dari fungsi kita sebagai pembaharuan. Karena karya ilmiah itu diharapkan menyampaikan temuan-temuan terbaru kita terkait dengan bidang kita,” imbuh Nurjaya.
Pada paparan materi yang disampaikan tim PPG, Dr. Putu Mas Dewantara, S.Pd.,M.Pd., terdapat tiga siklus progresif yang dilakukan mahasiswa saat PPL, yaitu pendahuluan terdiri atas preparasi dan koneksi, penerapan/ inti pelaksanaan praktik mengajar, dan penutup terdiri atas refleksi dan tindak lanjut. Disampaikan pula PPL bertujuan untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan kemampuan reflektif dalam membelajarkan peserta didik. Selain itu juga menyusun dokumen rancangan pembelajaran, media pembelajaran, bahan pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas dan atau mengatasi permasalahan pembelajaran yang dihadapi peserta didik, baik secara daring maupun luring. Tidak kalah pentingnya adalah juga untuk memfasilitasi guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai rancangan yang telah disusun dengan selalu memahami keberhasilan dan hambatan yang dihadapi. (hms)