parallax background

Riset dan Inovasi

Sebagai salah satu Universitas Negeri, Undiksha juga ikut andil dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa. Undiksha sebagai perguruan tinggi berupaya melakukan kegiatan riset, baik riset dasar maupun riset terapan dengan tujuan meningkatkan pendidikan pelatihan, pengembangan iptek dan inovasi kesiapan sumber daya manusia menghadapi teknologi. Program riset dan inovasi di Undiksha berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Tentang Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Merupakan lembaga baru yang dibentuk dari hasil penggabungan dua lembaga yang sebelumnya ada di Universitas Pedidikan Ganesha, yaitu Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat terhitung mulai 1 Juni 2016. Pembentukan lembaga ini didasari oleh Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Pendidikan Ganesha. Lembaga ini memiliki tugas mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Pendidikan Ganesha.

Pusat Studi

LPPM Undiksha dilengkapi dengan enam pusat yang terdiri dari (1) Pusat Penelitian, (2) Pusat Layanan Pengabdian kepada Masyarakat, (3) Pusat Sentra HKI, (4) Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi, (5) Pusat Pengembangan Inkubator Bisnis, (6) Pusat Unggulan Iptek dan Inovasi. Keenam pusat bersinergi untuk bisa mempublikasikan, mendesiminasi dan bahkan menciptakan produk-produk yang diciptakan oleh peneliti maupun pengabdi untuk disosialisasikan/diseminasikan dalam bentuk seminar maupun jurnal yang bereputasi Nasional dan Internasional.

Implementasi Program Riset dan Inovasi Undiksha


Riset dan Inovasi

Publikasi Penelitian

Temukan daftar layanan untuk mempublikasikan jurnal-jurnal ilmiah penelitian anda

Riset dan Inovasi

Daftar Hasil Penelitian

Temukan daftar penelitian terbaru yang didanai Undiksha kepada peneliti berdasarkan capaian pertahun.


Riset dan Inovasi

Riset dan Pengajaran

Undiksha terus mendorong program studi dan dosen untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui berbagai program untuk mendukung pengembangan kurikulum dan peningkatan kapasitas.

Riset dan Inovasi

Pengembangan usaha & inkubasi

Undiksha mengembangkan kerjasama bisnis dan industri yang berdasar pada IPTEK dengan berfokus pada riset adalah sejalan dengan kebijakan riset nasional Indonesia.

Inovasi dan teknologi seolah tak terpisah di perkembangan era digital. Berkenaan dengan hal tersebut, maka riset di Undiksha tidak hanya dilakukan oleh dosen saja, melainkan kolaborasi dengan para peneliti lain dan mahasiswa. Diharapkan melalui hal ini, berbagai penemuan kreatif dan efektif semakin banyak bermunculan dan memberi kontribusi untuk kemajuan negeri dan masyarakat.



Untuk informasi selengkapnya hasil riset mahasiswa dapat dilihat pada halaman khusus.

BERITA PENELITIAN DAN INOVASI UNDIKSHA

27 Oktober 2021

PHP2D di Desa Bengkala, Tim Undiksha Kembangkan Pengolahan Sampah Organik

Singaraja- Pemberdayaan ekonomi masyarakat tuna wicara dan tuna rungu (kolok) di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng menjadi perhatian civitas […]
13 Oktober 2021

Dongkrak Penjualan Kopi Bubuk Desa Belatungan, PPDM Undiksha Dampingi Peningkatan Mutu dan Inovasi Pemasaran

Singaraja- Kehadiran pandemi Covid-19 telah memicu perubahan, salah satunya pada aspek ekonomi. Sektor yang secara nyata terkena dampak adalah sektor […]
1 Oktober 2021

SENACILA KE-2: Penting Peran Pendidikan dalam Pengembangan Jiwa Antikorupsi

Singaraja- Kasus korupsi masih menjadi persoalan di Indonesia. Orang yang terjerumus dalam kasus yang merugikan negara ini berasal dari berbagai […]

AGENDA SEMINAR AKADEMIK

Berbagai kegiatan seminar dan konferensi ilmiah diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha sebagai jembatan untuk mempertemukan berbagai gagasan dan pengetahuan lintas bidang ilmu. Pelaksanaan seminar mengangkat berbagai tema yang berkaitan dengan isu populer dan berbagai disiplin isu populer.

2 Februari 2022

2nd International Conference on Language and Arts Across Culture

18 Mei 2021

The 4th International Conference on Vocational Education and Technology (IConVET 2021)

Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha menyelenggarakan The 4th International Conference on Vocational Education and Technology (IConVET 2021). Mengusung tema “Digital […]
3 September 2020

The 2nd International Conference on Technology and Educational Science “The New Era of Education: Innovation in Practice”

We would like to invite you to The 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES) 2020 will be […]
 

Informasi dan Layanan LPPM Undiksha


LPPM Undiksha menyediakan layanan untuk menyampaikan masalah yang Anda alami dan konsultasi layanan. Bagi yang membutuhkan dapat menghubungi langsung melalui kontak yang tersedia.