Program Studi
Pendidikan Matematika (S1)

Kenal Dekat Program Studi

Prodi S1 Pendidikan Matematika merupakan program studi akademik kependidikan yang memiliki Profil Lulusan sebagai pendidik matematika, peneliti pendidikan matematika, dan/atau enterpreneur bidang pendidikan.

Prodi S1 Pendidikan Matematika berada di bawah Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha. Prodi ini telah terakreditasi Unggul oleh Lamdik, serta memiliki 22 dosen lulusan dalam dan luar negeri, dimana sebanyak 11 dosen telah memperoleh jabatan akademik tertinggi Profesor (menjadi prodi yang memiliki Profesor terbanyak di Undiksha).

Visi Program Studi
Menjadi Penyelenggara Pendidikan Matematika yang Unggul dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045
Misi Program Studi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berlandaskan Tri Hita Karana (THK) untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter. 
  2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan matematika yang inovatif, kompetitif, dan kolaboratif berlandaskan falsafah THK.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang kontekstual, kompetitif dan kolaboratif, dan inspiratif berlandaskan falsafah THK.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang mendukung penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan falsafah THK.
Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, berkarakter, berkualitas tinggi dalam bidang pendidikan matematika.
  2. Menghasilkan luaran penelitian yang berdampak pada pengembangan keilmuan dan pemecahan masalah-masalah pendidikan,berkontribusi pada peningkatan kemaslahatan masyarakat.
  3. Terwujudnya hubungan yang harmonis dan link and match dalam rangka penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas.
Peluang Karir

Prodi S1 Pendidikan Matematika memiliki profil lulusan untuk peluang karir di dunia kerja sebagai berikut:

  1. Pendidik Matematika
    Pendidik yang profesional memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan bidang studi matematika yang tinggi, serta mampu mengelola pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang, dan menyenangkan.
  2. Peneliti Pendidikan Matematika
    Peneliti bidang Pendidikan dan Pembelajaran Matematika yang mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah.
  3. Enterpreneur
    Bidang Pendidikan Tenaga yang mempunyai jiwa enterpreneurship, seperti: kreatif, jujur, pantang menyerah, kerja keras, dan ulet, dalam bidang pendidikan.
Kompetensi Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) program studi S1 Pendidikan Matematika Undiksha disusun merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang terdiri dari 11 CPL Sikap, 6 CPL Pengetahuan, 9 SPL Keterampilan Umum, dan 7 CPL Keterampilan Khusus. Untuk CPL Sikap dan Keterampilan Umum merujuk kepada lampiran Permendikbud dikti Nomor 3 Tahun 2020. Kemampuan bidang kerja diturunkan pada CPL keterampilan khusus yang mengaplikasikan keahliannya dalam pembelajaran matematika, membuat karya ilmiah dan penelitian di bidang matematika, serta menjadi wirausaha pendidikan.

Sedangkan, tentang pengetahuan yang dikuasai pada jenjang 6 KKNI dituangkan dalam CPL pengetahuan yaitu menguasai konsep, prinsip, teori, dan metode kependidikan selain kependidikan juga menguasai konsep teoritis matematika dasar, statistika, analisis, komputer, dan matematika terapan.

Dengan capaian pembelajaran yang disusun beredasarkan KKNI diharapkan lulusan S1 Pendidikan Matematika Undiksha mampu menjadi pendidik matematika yang memiliki kompetensi merencanakan pembelajaran matematika, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pendidikan yang mendidik, serta melakukan perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan keilmuan matematika, teori-teori belajar terkini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta lingkungan siswa dan sekolah.

Perkiraan Biaya Studi

Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mencakup seluruh biaya kegiatan akademik selama mahasiswa menempuh studi, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan wisuda. Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran biaya kuliah yang didasarkan pada kemampuan ekonomi calon mahasiswa atau keluarganya. Konsep UKT bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang adil dan merata bagi semua calon mahasiswa, tanpa memandang latar belakang ekonomi. Sehingga biaya mahasiswa lebih mudah dan terjangkau.


Sebaran Matakuliah

Gelar & Strata
S.Pd. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Jumlah SKS
149
Bahasa Pengantar Perkuliahan
Indonesia – English
Lokasi Perkuliahan

Kampus Undiksha Singaraja
Jln. Udayana No. 11, Kec. Buleleng, Bali, 81116

Layanan Informasi
 

Telusuri  Program Pendidikan Lainnya

Kunjungi laman khusus daftar pilihan program pendidikan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang program studi lainnya.