Program Studi
Bioteknologi Perikanan (D4)

Kenal Dekat Program Studi

Program Studi Bioteknologi Perikanan merupakan program peningkatan ke jenjang S1 Terapan dari Prodi Diploma 3 Budidaya Kelautan, Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan, Fakultas Matematika dan Imu Pengatahuan Alam (FMIPA) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Prodi Bioteknologi Perikanan berlokasi di Kabupaten Buleleng yang merupakan pusat Budidaya Perikanan di Bali dan Daerah Nusa Tenggara pada umumnya. Lokasi ini menyebabkan terdapat beberapa Loka Riset Pengembangan Budidaya di kawasan kampus, seperti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut Gondol, Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan Karangasem, Balai Riset dan Observasi Laut Perancak, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut  Denpasar, dan beberapa pusat riset yang dikelola swasta atau NGO.

Keunggulan spesifik Prodi Bioteknologi Perikanan adalah pengembangan dan pemanfaatan bioteknologi dalam budidaya perikanan tropis, budidaya karang, dan IMTA (Integrated Multi Tropic Aquaculture. 

Berdasarkan keunggulan spesifik ini, maka bidang keahlian yang dikembangkan meliputi: (1) kemampuan bioteknologi pembenihan biota akuatik tropis yang unggul, berkualitas, dan bebas penyakit; (2) kemampuan bioteknologi pembesaran biota akuatik tropis dengan kualitas air dan teknologi pakan yang mendukung peningkatan produksi; (3) kemampuan bioteknologi industri hasil perikanan tropis; (4) kemampuan penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam budidaya udang, kerang, rumput laut dan karang untuk kepentingan ekonomi, sosial, dan ekologi; dan (5) kemampuan bioteknologi dalam pengembangan Integrated Multi Trophic Aquaculture untuk perikanan tropis.

Visi Program Studi
Menghasilkan Lulusan yang Unggul dalam Bidang Bioteknologi Perikanan Tropis berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045
Misi Program Studi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bioteknologi perikanan tropis yang bermartabat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter dalam bidang pendidikan kimia.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang bioteknologi perikanan tropis yang kompetitif, kolaboratif, dan inovatif untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. 
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bioteknologi perikanan tropis yang kompetitif, kolaboratif, akomodatif, dan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter dalam bidang bioteknologi perikanan tropis.
  2. Menghasilkan karya penelitian dalam bidang bioteknologi perikanan tropis yang memiliki kebaharuan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat dalam bidang bioteknologi perikanan tropis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
Peluang Karir

Peneliti Perikanan, Ahli Lingkungan Perairan, Manajer Produksi Perikanan, Konsultan Perikanan, Pengelola Laboratorium Bioteknologi, Pengajar Profesional (Dosen atau Guru), Pengusaha Perikanan, dan Pengembang Produk Bioteknologi Perikanan.

Kompetensi Lulusan

Prodi Bioteknologi Perikanan menetapkan karakteristik bidang keahlian yang dikembangkan meliputi: 

  1. Pengembangan bioteknologi dalam pembenihan biota akuatik tropis yang unggul, berkualitas, dan bebas penyakit.
  2. Pengembangan bioteknologi dalam pembesaran biota akuatik tropis dengan kualitas air dan teknologi pakan yang mendukung peningkatan produksi.
  3. Pengembangan bioteknologi dalam industri hasil perikanan tropis.
  4. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam budidaya udang, kerang, rumput laut dan karang untuk kepentingan ekonomi, sosial, dan ekologi perairan.
  5. Pengembangan bioteknologi dalam pengembangan Integrated Multi Tropic Aquaculture untuk komoditas perikanan tropis.

Berdasarkan 5 bidang keahlian yang dikembangkan, maka Profil Lulusan Prodi Bioteknologi Perikanan memiliki salah satu kemampuan sebagai seorang:

  1. Penentu Keputusan, yaitu seseorang yang mampu menggunakan dan mengembangkan bioteknologi dalam budidaya pembenihan, pembesaran dan pasca panen komoditas perikanan tropis;
  2. Manajer Budidaya Perikanan, yaitu seseorang yang mampu mengembangkan bioteknologi perikanan untuk meningkatkan produktivitas budidaya dan produk industri hasil perikanan tropis; 
  3. Wirausaha, yaitu seseorang yang mampu mengembangkan bioteknologi perikanan untuk meningkatkan produktivitas budidaya dan produk industri hasil perikanan tropis secara mandiri.
Perkiraan Biaya Studi

Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mencakup seluruh biaya kegiatan akademik selama mahasiswa menempuh studi, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan wisuda. Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran biaya kuliah yang didasarkan pada kemampuan ekonomi calon mahasiswa atau keluarganya. Konsep UKT bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang adil dan merata bagi semua calon mahasiswa, tanpa memandang latar belakang ekonomi. Sehingga biaya mahasiswa lebih mudah dan terjangkau.


Sebaran Matakuliah

Gelar & Strata
S Tr.Pi – Sarjana Terapan Perikanan (D4)
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Jumlah SKS
148
Bahasa Pengantar Perkuliahan
Indonesia - English
Lokasi Perkuliahan

Kampus Undiksha Singaraja
Jln. Udayana No. 11, Kec. Buleleng, Bali, 81116

Layanan Informasi
 

Telusuri  Program Pendidikan Lainnya

Kunjungi laman khusus daftar pilihan program pendidikan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang program studi lainnya.