parallax background

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Visi :

Terwujudnya program studi unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dalam pengembangan SDM pada bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya di Asia pada tahun 2045 .

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang melahirkan lulusan yang kolaboratif, kompetitif, dan berkarakter dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang kompetitif, kolaboratif, dan inovatif untuk pengembangan dan penerapan IPTEKS dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat yang akomodatif, kompetitif, kolaboratif, dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya.

Tujuan

  1. Mengembangkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang inovatif untuk menghasilkan lulusan yang mampu bekerjasama dan berdaya saing tinggi dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya.
  2. Mengembangkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian peserta didik dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya.
  3. Mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan IPTEKS dalam bidang bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya.
  4. Mengembangkan model-model pembelajaran inovatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya untuk peningkatan mutu proses belajar-mengajar.
  5. Menggagas dan melaksanakan penelitian bersama dengan berbagai pihak terkait di dalam dan luar negeri.
  6. Menghasilkan, mempresentasikan, dan memublikasikan berbagai temuan dan inovasi dalam bidang bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya pada taraf nasional dan internasional.
  7. Memberikan pelayanan dan solusi terbaik terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya.
  8. Membangun dan mengembangkan kemitraan yang kolegial dan saling menguntungkan dalam mengatasi permasalahan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya.
  9. Menggunakan hasil temuan dan inovasi pada bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pengajarannya untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Profil Lulusan

  1. Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia
    Pendidik, fasilitator, dan instruktur yang mendidik dengan penguasaan bahasa dan satra Indonesia dan pedagogik yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Peneliti Bahasa dan Sastra Indonesia
    Peneliti pemula dalam masalah-masalah pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan melakukan publikasi dalam berbagai forum ilmiah.
  3. Pengajar BIPA
    Pengajar dan pengelola program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).
  4. Jurnalis
    Penulis, wartawan, penyiar, dan pengelola media massa baik cetak, elektronik, maupun online.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia