parallax background

Pendidikan Ekonomi

Visi :

Menjadi jurusan unggul di bidang pendidikan ekonomi yang berjiwa wirausaha berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermartabat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter dalam bidang pendidikan ekonomi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermartabat, kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter di bidang pendidikan ekonomi dan kewirausahaan
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermartabat, kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter di bidang pendidikan ekonomi dan kewirausahaan.
  4. Menjalin kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang pendidikan ekonomi dan kewirausaha.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, beriman dan taqwa, profesional, dan memiliki integritas, nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dan kemampuan sebagai pendidik dalam pendidikan ekonomi, wirausahawan, dan konsultan pendidikan ekonomi.
  2. Menghasilkan kajian akademik di bidang ilmu pendidikan ekonomi yang berwawasan lingkungan berbasis potensi lokal.
  3. Menghasilkan pendidik, wirausahawan, konsultan,dan peneliti dalam bidang pendidikan ekonomi, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Terciptanya jalinan kerjasama dan kemitraan yang baik dengan instansi pemerintah, dunia usaha atau lembaga lain untuk meningkatkan mutu lulusan.

Profil Lulusan

  1. Pendidik dalam Pendidikan Ekonomi
    Pendidik yang mampu: (1) menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan tentang metode, strategi pembelajaran yang diaplikasikan dalam pembelajaran ekonomi; (2) mengembangkan kurikulum ekonomi, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi; (3) mengembangkan potensi peserta didik secara mendalam; (4) menerapkan prinsip-prinsip dasar mengajar pada tiap jenjang dan satuan pendidikan (SMP, SMA dan SMK) yang dilandasi dengan nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia; (5) bekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran; (6) melakukan pendampingan baik kepada orangtua maupun peserta didik yang mengalami masalah pembelajaran; dan (7) memiliki kepribadian luhur dan karakter yang kuat sebagai pendidik.
  2. Wirausaha dalam bidang Pendidikan/Latihan
    Wiraushawan yang mampu: (1) menguasai keilmuan dasar ekonomi; (2) memahami materi ilmu ekonomi secara luas dan mendalam; (3) mengembangkan hubungan antara konsep dasar dan keilmuan dengan mata pelajaran; (4) berkomunikasi secara efektif dalam bahasa lisan dan tulis; dan (5) berwirausaha (kreatif dan inovatif).
  3. Konsultan/Pengkaji Pendidikan Ekonomi Kons
    ultan yang mampu: (1) memberikan pertimbangan dalam hal pengembangan kurikulum; (2) memberikan pertimbangan dalam hal Proses Pembelajaran; (3) memberikan pertimbangan dalam hal merancang pembelajaran; dan (4) memberikan pertimbangan dalam hal pengelolaan pembelajaran.
  4. Peneliti Pendidikan Ekonomi
    Peneliti yang mampu: (1) menerapkan prinsip, hukum, dan teori dasar keilmuan dalam kehidupan sehari hari; (2) melakukan penelitian atau mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan penelitian atau karyanya.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Ekonomi