Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)

Kenal Dekat Program Studi

PGPAUD merupakan program studi yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan anak usia dini dengan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana. Program studi PGPAUD diterima dalam segala bidang pekerjaan seperti Pendidik (Guru), Psikologi pada anak usia dini, dan lainnya.

Visi Program Studi
Menjadi program studi yang unggul dalam bidang pendidikan anak usia dini berlandaskan Tri Hita Karana di Asia tahun 2045.
Misi Program Studi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dibidang pendidikan anak usia dini.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan anak usia dini.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dibidang ilmu pendidikan anak usia dini sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di masyarakat.
Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, berdaya saing tinggi, dan unggul pada bidang pendidikan anak usia dini.
  2. Menghasilkan luaran penelitian yang kompetitif dan inovatif, yang berdampak pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemecahan masalah- masalah terkini, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya pada bidang pendidikan anak usia dini.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan akomodatif dalam rangka peningkatan martabat manusia melalui pendidikan anak usia dini.
Peluang Karir
  1. Tenaga Ahli dalam bidang pendidikan anak usia dini.
  2. Menguasai konsep dasar teoretik bidang pendidikan anak usia dini secara mendalam, mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut dan mampu mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis serta mampu membangun hubungan interpersonal yang produktif.
Profil Lulusan
  1. Pendidik (Guru PAUD)
    Pendidik yang profesional memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan di bidang studi pendidikan anak usia dini yang tinggi serta mampu mengelola pembelajaran yang kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang dan menyenangkan.
  2. Peneliti
    Peneliti bidang pendididikan dan pembelajaran anak usia dini yang mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah
  3. Tenaga Ahli dalam bidang pendidikan anak usia dini
    Menguasai konsep dasar teoretik bidang pendidikan anak usia dini secara mendalam, mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut dan mampu mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis serta mampu membangun hubungan interpersonal yang produktif.
  4. Pengelola
    Memiliki kemampuan manajerial suatu lembaga PAUD yang kreatif dan inovatif serta dapat menyediakan layanan pendidikan inklusi.
Perkiraan Biaya Studi

Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mencakup seluruh biaya kegiatan akademik selama mahasiswa menempuh studi, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan wisuda. Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran biaya kuliah yang didasarkan pada kemampuan ekonomi calon mahasiswa atau keluarganya. Konsep UKT bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang adil dan merata bagi semua calon mahasiswa, tanpa memandang latar belakang ekonomi. Sehingga biaya mahasiswa lebih mudah dan terjangkau.


Sebaran Matakuliah

Gelar & Strata
S.Pd. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Jumlah SKS
147
Bahasa Pengantar Perkuliahan
Indonesia
Lokasi Perkuliahan

Kampus Undiksha Singaraja
Jln. Udayana No. 11, Kec. Buleleng, Bali, 81116

Layanan Informasi
 

Telusuri  Program Pendidikan Lainnya

Kunjungi laman khusus daftar pilihan program pendidikan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang program studi lainnya.