Program Studi
Keperawatan (S1)

Kenal Dekat Program Studi

.Prodi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Pendidikan Ganesha terletak di pusat Kota Singaraja, Provinsi Bali. Lokasi yang strategis, mudah dijangkau, dan berdampingan dengan masyarakat daerah wisata, memungkinkan mahasiswa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai perawat profesional yang dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Prodi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Pendidikan Ganesha merupakan salah satu pelopor berkembangnya pendidikan tinggi keperawatan di wilayah Bali Utara. Berdiri sejak 8 Agustus 2022, kami berkomitmen untuk menjadi institusi pendidikan bertaraf internasional, yang didukung dengan tenaga dosen yang berkualitas, sarana dan prasarana yang lengkap, serta suasana akademis yang mendukung.

Tenaga dosen di Prodi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Pendidikan Ganesha merupakan tenaga profesional dengan kualifikasi pendidikan pasca sarjana (S-2 dan S-3) di dalam dan luar negeriDengan kemampuan yang dimiliki tenaga dosen tersebut, Prodi Sarjana Keperawatan dapat mencetak lulusan yang berkualitas dan memiliki peluang besar dalam dunia kerja. Lulusan akan mendapatkan kesempatan yang luas untuk berkarir di bidang pelayanan kesehatan (perawat rumah sakit dan layanan primer, perawat klinik, perawat di area industri), pendidikan (dosen), di bidang militer, pemerintahan (dinas kesehatan dan BPJS), dan wirausahawan di bidang kesehatan.

Mahasiswa akan melalui tahap sarjana dalam jangka waktu 7 semester (3,5 tahun masa studi). Secara spesifik, mahasiswa akan mempelajari tentang 9 bidang Keperawatan, yaitu keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan gawat darurat dan kritis, keperawatan kesehatan jiwa, keperawatan maternitas, keperawatan anak, manajemen dan kepemimpinan keperawatan, keperawatan komunitas, dan keperawatan gerontik.

Visi Program Studi
Menghasilkan lulusan perawat unggul dalam memberikan asuhan keperawatan pada komunitas pariwisata berlandasakan Falsafah Tri Hita Karana
Misi Program Studi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermartabat untuk menghasilkan SDM yang kompetitif dan berkarakter berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dan memiliki kompetensi khususnya asuhan keperawatan pada komunitas pariwisata.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan kompetitif untuk pengembangan dan penerapan iptek keperawatan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dan memiliki kompetensi khususnya asuhan keperawatan pada komunitas pariwisata.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan kompetitif berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dan memiliki kompetensi khususnya asuhan keperawatan pada komunitas pariwisata.
  4. Melaksanakan tata kelola program studi berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk menjadi Prodi Sarjana Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha yang unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
Tujuan Program Studi
  1. Lulusan yang kompetitif dan berkarakter berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dan memiliki kompetensi khususnya Keperawatan Holistik dan Keperawatan travel health.
  2. Lulusan yang mampu melaksanakan penelitian yang inovatif dan kompetitif untuk pengembangan dan penerapan iptek keperawatan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dan memiliki kompetensi khususnya Keperawatan Holistik dan Keperawatan travel health.
  3. Lulusan yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan kompetitif berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dan memiliki kompetensi khususnya Keperawatan Holistik dan Keperawatan travel health.
  4. Tata kelola program studi berbasis Standar Nasional Pendidikan Keperawatan untuk menjadi Program Studi Keperawatan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha yang unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia tahun 2045.
Peluang Karir
Perawat Profesional (setelah melewati tahap Pendidikan Profesi Ners)
Kompetensi Lulusan
  1. Care Provider (Pemberi asuhan keperawatan).
    Lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Undiksha diharapkan mampu memberikan asuhan keperawatan dalam memenuhi kebutuhan dasar pasien yang holistik berprinsip pada Perawatan Holistik berbasis Budaya Bali khususnya pelayanan kesehatan pada komunitas pariwisata
  2. Communicator (Interaksi dan transaksi dengan klien, keluarga dan tim kesehatan).
    Lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Undiksha diharapkan dapat melaksanakan komunikasi yang efektif pada proses asuhan keperawatan berlandaskan konsep pawongan pada falsafah Tri Hita Karana dan kolaborasi dengan tim kesehatan lain pada komunitas pariwisata
  3. Educator dan Health Promotor (Pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, keluarga dan masyarakat).
    Lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Undiksha diharapkan mampu memberikan edukasi dan promosi pada komunitas pariwisata guna mencapai kemandirian dalam proses perawatan diri sendiri.
  4. Manager dan leader (Manajemen praktik/ruangan pada tatanan rumah sakit maupun masyarakat).
    Lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Undiksha diharapkan mampu memanajemen dan menjadi penggerak dalam pemberian asuhan keperawatan pada komunitas pariwisata berbekal kompetensi dalam bidang Perawatan Holistik berbasis Budaya Bali.
  5. Researcher (Peneliti).
    Lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Undiksha diharapkan dapat melakukan pendekatan ilmiah tentang Perawatan Holistik berbasis Budaya Bali dalam penyelesaian masalah keperawatan pada komunitas pariwisata.
Perkiraan Biaya Studi

Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mencakup seluruh biaya kegiatan akademik selama mahasiswa menempuh studi, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan wisuda. Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran biaya kuliah yang didasarkan pada kemampuan ekonomi calon mahasiswa atau keluarganya. Konsep UKT bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang adil dan merata bagi semua calon mahasiswa, tanpa memandang latar belakang ekonomi. Sehingga biaya mahasiswa lebih mudah dan terjangkau.


Sebaran Matakuliah

Gelar & Strata
S.Kep. – Sarjana Keperawatan (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Jumlah SKS
146
Bahasa Pengantar Perkuliahan
Indonesia
Lokasi Perkuliahan

Kampus Undiksha Singaraja
Jln. Udayana No. 11, Kec. Buleleng, Bali, 81116

Layanan Informasi
 

Telusuri  Program Pendidikan Lainnya

Kunjungi laman khusus daftar pilihan program pendidikan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang program studi lainnya.