Pembelajaran matematika seperti kekurangan sumber dikarenakan keterbatasan media dalam pembelajaran matematika yang juga menjadi hambatan dalam memahami konsep matematika secara konkret, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus. Melihat permasalahan tersebut, tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Undiksha Gek Ayu Prabha Indah Cahya Dewi, Ni Made Sukma Dewi, Putu Apsari Dewi, I Gusti Agung Melia Putri Ningrat, dan Wayan Ari Widnyani membuat inovasi Classical Math Corner: Aktivasi Media Matematika Manipulatif Konkret Berbantuan Musik Klasik untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Inklusi. Inovasi ini untuk meningkatkan ketersediaan media matematika agar pembelajaran menjadi inklusif, efektif, dan menyenangkan bagi semua siswa.
Tim yang didampingi oleh dosen I Putu Pasek Suryawan, S.Pd., M.Pd ini berfokus pada peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa reguler maupun siswa berkebutuhan khusus dengan menciptakan rak matematika di pojok ruang kelas (math corner) yang berisikan media pembelajaran manipulatif konkret (alat peraga matematika) yang eksploratif untuk membantu siswa dalam memahami suatu konsep matematika, merangsang pikiran, keterampilan, dan minat siswa sehingga mendorong terjadinya proses belajar. Penggunaan alat peraga matematika akan disertai dengan mendengarkan musik klasik dari audio. Penggunaan musik klasik dalam pembelajaran dapat meningkatkan konsentrasi dan meredakan ketegangan, sehingga siswa dapat menguasai materi matematika secara optimal.
Program Classical Math Corner ini dilaksanakan mulai dari bulan April hingga Agustus dengan mitra suatu sekolah inklusi yang bernama SD Kuncup Bunga yang melayani siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus berada di kelas reguler bersama teman-teman seusianya dengan pembelajaran yang sama. Diharapkan dengan adanya program ini, dapat membantu siswa reguler maupun siswa berkebutuhan khusus dalam meningkatkan minat dan hasil belajar matematika. (rls/hms)