Menindaklanjuti Instruktur Rektor Nomor 01 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, Layanan Akademik, dan Layanan Umum untuk Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di Universitas Pendidikan Ganesha, dengan ini disampaikan petunjuk praktis pembelajaran daring di Undiksha sebagai berikut.
- Prinsip pembelajaran daring adalah mendistribusikan konten pembelajaran, memantau aktivitas mahasiswa, dan menjalin interaksi dengan mahasiswa. Inti pembelajaran daring adalah:
- Dosen menyediakan konten pembelajaran melalui platform yang dipilih, dapat berupa teks, gambar, rekaman audio, dan/atau video.
- Dosen menyediakan tugas dan/atau kuis untuk memantau aktivitas pembelajaran dan capaian pembelajaran.
- Mahasiswä. dapat mengakses konten pembelajaran dari lokasi masing-masing.
- Mahasiswa mengerjakan tugas dan/atau kuis sesuai dengan konten pembelajaran.
- Dosen memberikan feedback terhadap tugas dan/atau kuis yang telah dikerjakan mahasiswa.
- Pelaksanaan perkuliahan teori dilakukan melalui pembelajaran daring baik aplikasi elearning maupun non e-learning. Jika dimungkinkan, perkuliahan praktik dapat diselenggarakan melalui pembelajaran daring.
- Aplikasi e-learning menggunakan teknologi browser sebagai klien untuk menyelesaikan satu atau lebih tugas melalui jaringan. Aplikasi e-learning dilakukan dengan Learning Management System (LMS), seperti elearning. undiksha.ac.id (eLearning Resmi Undiksha), Google Classroom, Schoologv, Edmodo, dan Iain-Iain.
- Aplikasi non e-learning, yang terdiri atas:
1) Media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan sejenisnya).
2) Aplikasi e-mail.
3) Aplikasi percakapan (WhatsApp, Telegram, dan sejenisnya)
4) Layanan Cloud (Google Drive, iCloud, Drop Box, dan sejenisnya).
- Implementasi aplikasi e-learning (poin 2 huruf a) sudah memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran daring pada poin (1).
- Untuk memenuhi prinsip pembelajaran daring non e-learning, dilakukan dengan aktivitas berikut.
- Mekanismen penyebaran konten pembelajaran dan tugas dapat melalui broadcast WA Group, Telegram Group, Facebook Group, Google Drive, dan sejenisnya.
- Kuis dapat menggunakan Google Form.
- Pengumpulan tugas harus melalui komunikasi individual dosen dan mahasiswa, yaitu e-mail, komunikasi pribadi WA, atau Telegram.
- Feedback dari dosen pada tugas mahasiswa harus melalui komunikasi individual dosen dan mahasiswa, yaitu e-mail, komunikasi pribadi WA, atau Telegram.
- Diskusi antara dosen dan mahasiswa dapat dilakukan melalui WA Group, Telegram Group, Facebook Group, dan sejenisnya.
- Tatap muka sinkron tak langsung atau video conference dapat dilakukan dengan Skype, Google Hangout, Weber, Zoom, dan Iain-Iain.
- Panduan Pembelajaran Daring dan Video Conference salah satu aplikasi telah disiapkan oleh Tim Helpdesk e-Learning Undiksha, yaitu:
- Panduan Dosen dalam Pembelajaran Daring dapat diakses melalui laman https://drive.google.com/file/d/13Cy7-TfvSMEzTys6mNxEMhZT4$XFBJ C/view
- Panduan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring dapat diakses melalui laman https://drive.google.com/file/d/l t41ToUdiZyG3-vS lbzD Il 8DOgrDw88/view
- Panduan Dosen Menggunakan Hangouts Meet Google dapat diakses melalui laman https://drive.google.com/file/d/l T7VVsAWVdLa000Un ObK uo i7sl 7xl-/view
- Panduan Mahasiswa Menggunakan Hangouts Meet Google dapat diakses melalui laman https://drive.google.com/file/d/176ZtqrgM KaHUTgwSUyzMuGTOHlHUsRE/view
- Dosen yang melaksanakan perkuliahan daring diwajibkan untuk mengisi jurnal mengajar dan mengisi presensi kuliah melalui laman SIAKNG (http://siakng.undiksha.ac.id) untuk Angkatan 2019 ke atas dan/atau SIAK (http://si.undiksha.ac.id) untuk Angkatan di bawah 2019.
- Bagi yang mengalami kendala terkait pembelajaran daring bisa menghubungi Grup Support e-Learning Undiksha melalui:
-
- Telegram: https://tinyurl.com/telegramElearningUndiksha; atau
- WhatsApp: https://tinyurl.com/waElearningUndiksha.
Lampiran:
Petunjuk Praktis Pembelajaran Daring Undiksha Berdasarkan Instruksi Rektor Nomor 01 Tahun 2020