Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus melakukan penyempurnaan pelayanan berbasis teknologi informasi. Tahun 2019 ini, segera diuji coba penerapan e-office. Proses surat-menyurat maupun sejenisnya akan diatur dengan sistem. Demikian terungkap dalam rapat penguatan sistem informasi di Ruang Ganesha I Rektorat Undiksha, Selasa (8/1/2019).
Kepala UPT TIK Undiksha, Kadek Yota Ernanda Aryanto, S.Kom.,M.T.,Ph.D., menyampaikan untuk versi awal sistem e-office sudah dirampungkan. Tentu hal tersebut terus disempurnakan untuk bisa memberikan pelayanan maksimal. “Sistem ini segera di uji coba,” ungkapnya pada rapat yang dipimpin Kepala Biro Umum dan Keuangan (UK), Ni Luh Wayan Yasmiati, S.H.
Disampaikan lebih lanjut, penerapan sistem itu akan menimbulkan efesiensi anggaran pengadaan kertas. “Ini juga bisa mempercepat kinerja,” katanya. Ditambahkan, sejak dua tahun terakhir, universitas yang telah memiliki Fakultas Kedokteran ini terus menggenjot penerapan kinerja berbasis online. “Sistem yang sudah di launching dan sudah ada SK ada 24. Seperti untuk data kepegawaian, dan kinerja. Ini masih perlu penyempurnaan dan perlu masukan dari pihak lain,” katanya.
Sementara itu, Kepala Biro UK, Ni Luh Wayan Yasmiati mengatakan Undiksha terus melakukan peningkatakan kualitas pelayanan untuk bisa maksimal. Pemanfaatan sistem dalam dunia birokrasi dinilai akan lebiih efektif dan bisa diselesaikan lebih cepat. “Misalnya e-office. Tidak lagi membawa surat kemana-mana. Tinggal bekerja melalui sistem,” jelasnya.
Inovasi pelayanan itu, menurut Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.,sebagai salah satu bagian untuk mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. Termasuk juga mendukung internasionalisasi at home yang dicanangkan pada tahun 2019. (hms)