Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus berupaya meningkatkan capain Indikator Kinerja Utama (IKU) 01 Perguruan Tinggi, yaitu persentase lulusan S1 dan program diploma setahun terakhir yang berhasil mendapatkan pekerjaan, melanjutkan studi, atau menjadi wiraswasta. Selain melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh pimpinan, upaya pencapaiannya juga mendapatkan dukungan dari Pejabat Fungsional Adhli Madya, Nyoman Dody Widhiastana, S.T.,M.M. Ia yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional II Tahun 2023 mencoba merancang gagasan yang diaktualisasikan dalam proyek perubahan yang berjudul “Strategi Peningkatan Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 01 Melalui Sistem Pelayanan Alumni (SIPA) Di Universitas Pendidikan Ganesha”.
Munculnya gagasan proyek perubahan tersebut tidak lepas dari capaian IKU 01 setiap tahunnya yang masih perlu dioptimalkan, meskipun secara target selalu terlampaui. Dody Widhiastana menjelaskan konsep dari SIPA adalah harmonisasi alumni, yaitu terjalinnya hubungan yang harmonis antara alumni dengan alumni, saling bantu dan saling mensuport terutama dalam memperoleh pekerjaan ataupun kewirausahaan. Hubungan harmonis ini sesuai falsafah yang diusung dalam visi Undiksha, yakni falsafah Tri Hita Karana. Tri Hita Karana adalah tiga hubungan yang harmonis yang menyebabkan kebahagiaan bagi umat manusia. “Dengan memanfaatkan para alumni dan jejaring alumni dalam mensuport informasi lowongan kerja dan dengan sistem informasi ini memberikan kemudahan kepada alumni yang selama ini mengalami kendala ingin menginformasikan lowongan pekerjaan karena belum adanya link (penghubung). Tujuan jangka panjang dari proyek perubahan ini adalah terselenggaranya mekanisme pelayanan alumni yang teregulasi serta capaian IKU 01 juga optimal,” jelasnya dalam rapat koordinasi, Jumat (9/6/2023).
Gagasan proyek perubahan ini mendapatkan respon positif dari pimpinan Undiksha. Kepala Biro Keuangan dan Umum, Ni Luh Wayan Yasmiati, S.H.,M.Pd menyebutkan Undiksha sebagai lembaga pendidikan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk bagi para alumni dengan berbasis sistem. “Ini betul-betul diapresiasi karena arahnya dalam peningkatan pelayanan. Selain itu dengan sistem ini akan memudahkan penyediaan data untuk mendukung pelaksanaan kegiatan lain, seperti akreditasi,” ujarnya.
SIPA ini ditargetkan sudah selesai pada akhir Juli 2023. Oleh karena itu, dalam merancang melibatkan tim dari Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK) dan tim penyusun SOP. (hms)