Page 19 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 19

2)  Menerima  mahasiswa  yang  ingin  melakukan  observasi
                                  tentang pembelajaran  Bahasa  Inggris  untuk  anak-anak.
                                  Untuk  memberikan pengalaman  kepada  mahasiswa  yang
                                  kuliah di program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tentang
                                  implementasi  pembelajaran  Bahasa  Inggris untuk  anak-
                                  anak, mahasiswa juga dijinkan untuk melakukan observasi
                                  dan  konsultasi  kepada  pihak  guru  untuk  melihat
                                  langsung  di  lapangan  tentang  pembelajaran  Bahasa
                                  Inggris yang dipraktekkan di learning centre tersebut.
                              3)  Pengembangan  program  untuk  anak  berkebutuhan
                                  khusus.  Di  Learning  Centre  ini,  Bu  Dewi  kemudian
                                  mengembangkan program-program untuk pendidikan anak
                                  berkebutuhan  khusus.  Menurut  hasil  observasi  di
                                  lapangan, jumlah anak berkebutuhan khusus mulai banyak
                                  diidentifikasi,  dan    beberapa     orang     tua    merasa
                                  kebingungan  dimana  mereka mensekolahkan anaknya. Bu
                                  dewi  dan  team  kemudian  mengembangkan  program
                                  pendidikan anak berkebutuhan khusus yang dipakai untuk
                                  semua  siswa  berkebutuhan  khusus  yang  ada  di  bawah
                                  naungan lembaga Aura Suksma Insani.

                 3.2.3      Prestasi  dalam  membangun  dan  mendirikan  Taman  Kanak-
                            Kanak bilingual dan menjadi sekolah favorit.
                            Di  bawah  naungan  Yayasan  Aura  Sukma  Insani,  Bu  Dewi
                            menggagas membuat TK/PAUD Aura Suksma Insani. Pendirian
                            TK  ini  pada  awalnya  dimaksudkan  untuk  menggali  dana  agar
                            bisa  mendapatkan  keuntungan  finansial  yang  dipakai  untuk
                            mendukung  kegiatan  sosial  (kursus  Bahasa  Inggris  gratis)  di
                            yayasannya. TK ini dibangun pada tahun 2006, 2 tahun setelah
                            yayasannya resmi berdiri. Berada di atas tanah pribadi seluas 3
                            are, Bu  Dewi  dan  team  membuat  bangunan  sederhana  yang
                            dibantu oleh pihak donator manca negara. Bangunan ini menjadi
                            satu dengan Aura Sukma Insani Learning Centre. Bangunan ini
                            tergolong sempit untuk sebuah sekolah karena hanya berdiri di
                            atas  lahan  3  are,  ada  di  tengah  rumah  penduduk,  dan  untuk
                            mencapainya,  kita  harus  masuk  gang.  Dengan  kata  lain,  dari
                            sisi  lokasi,  pendirian  TK  ini  kurang  menarik,  dan  bahkan
                            cendrung tidak  diminati  oleh  masyarakat,  karena  tidak  saja
                            tempatnya ada di tengah perumahan penduduk di tempat yang
                            kecil,  tetapi  lokasinya  agak  jauh  dari pusat  kota  dan  berada
                            dekat persawahan.  Hal lain yang menjadi hambatan, adalah  di
                            radius  1  km,  ada  sejumlah  7  sekolah  taman  kanak-kanak
                            dengan biaya yang lumayan murah.
                               Dengan  kondisi  seperti  itu,  hambatan-hambatan  untuk
                            membuat TK sangat jelas di depan mata, dan sangat sulit untuk
                            bisa  bersaing.  Bu  Dewi  hampir  putus  asa,  mengingat  saingan
                            dari  TK  lain  sangat  banyak  dan  lokasi yang  kurang  strategis.



                                                      15
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24