Page 24 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 24

diatur  secara  jelas  di  dalam  kurikulum  SD  nasional.
                            Komitmen  untuk  melakukannya  secara  sungguh-sungguh  dan
                            berkomitmen  melakukan  dan  memberikan  yang  terbaik,
                            menyebabkan  NBBS  tampak  menjadi  sekolah  yang  berbeda.
                            Keunikan  NBBS  yang  istimewa  juga  karena  dilengkapi  dengan
                            program-  porgram  literasi,  pendidikan  karakter  dan  Personal
                            Life Skill secara optimal serta didukung oleh model pembelajaran
                            inovatif,  dilengkapi dengan “living biology lab berupa sawah dan
                            kebun  tempat  siswa  belajar  dan  melakukan  eksperimen-
                            eksperimen.
                               Keunikan  Bu  Dewi  sebagai  pengambil  keputusan  secara
                            mandiri  di  lembaga  yang  dia  dirikan,  membuat  dia  memiliki
                            fleksibilitas  dalam  menerapkan  hal-hal  baru  untuk  merespon
                            kebutuhan nyata masyarakat. Munculnya beberapa siswa yang
                            berkebutuhan      khusus     menstimulasi      Bu    Dewi     untuk
                            mengembangkan program ABK untuk anak-anak SD.
                               Memilki  lokasi  NBBS  di  pinggir  sawah  memberikan
                            kemudahan bagi Bu Dewi dan team untuk membuat kebijakan
                            tentang  sumber  alam  nyata  sebagai sumber belajar. Demikian
                            juga  halnya  dengan  sumber  belajar  yang  lain,  NBBS  juga
                            menggunakan lembaga pemerintah seperti PLTGU dan tempat-
                            tempat lainnya sebagai sumber belajar yang inovatif bagi siswa.
                               Keunikan  pembelajaran  di  NBBS  diterapkan  dengan  selalu
                            memperhatikan  perubahan-perubahan  yang  terjadi  secara
                            eksternal. Kebijakan tentang Task based Approach dan Project
                            based  approach  dilakukan  dengan  menyisipkan  nilai-nilai
                            keterampilan abad 21 maupun nilai karakter /personal life skills
                            secara serius. Misalnya penyisipan  nilai kepemimpinan, empati
                            dan  komunikasi  dan  kolaborasi  dikemas  melalui  penerapan
                            pembelajaran  berbasis  projek.  Jika  di  sekolah  tradisional
                            pengelompokan  dibuat  hanya  untuk  siswa  di  kelas  yang
                            sama,  NBBS  melakukan  projek  dan  pengelompokan  untuk
                            mereka yang ada di tingkatan kelas  yang  berbeda,  agar  kakak
                            kelas  bisa  menerapkan  kepemimpinannya,  komunikasi  dan
                            kolaborasi  maupun  keterampilan  lainnya  untuk  adik-adik
                            kelasnya  melalui  projek  yang  ditugaskan  sama  mereka.  Jadi
                            pengelompokan  dilakukan  lintas  kelas  dan  lintas  tingkatan;
                            tidak  hanya  pengelompokan  untuk  siswa  di  kelas  yang  sama
                            saja.  Hal-hal  begini  membutuhkan  keterampilan  untuk
                            membuat  sistem  yang  cerdas,  fleksibel  dan  mampu
                            memanifestasikan filosofi dalam program nyata yang bermakna.
                               Banyak  sekali  contoh-contoh  kegiatan  yang  inovatif
                            diterapkan di sekolah ini dan dipublikasikan dalam artikel ilmiah
                            oleh Bu Dewi, dan ada juga dalam bentuk buku agar menjadi
                            warisan  untuk  generasi  penerus.  Keseriusan  dan  komitmen
                            melakukan  yang  terbaik  di  NBBS,  sekolah  tersebut  sekarang
                            menjadi sekolah yang mendapat kepercayaan dari masyarakat,



                                                      20
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29