Page 24 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 24
diatur secara jelas di dalam kurikulum SD nasional.
Komitmen untuk melakukannya secara sungguh-sungguh dan
berkomitmen melakukan dan memberikan yang terbaik,
menyebabkan NBBS tampak menjadi sekolah yang berbeda.
Keunikan NBBS yang istimewa juga karena dilengkapi dengan
program- porgram literasi, pendidikan karakter dan Personal
Life Skill secara optimal serta didukung oleh model pembelajaran
inovatif, dilengkapi dengan “living biology lab berupa sawah dan
kebun tempat siswa belajar dan melakukan eksperimen-
eksperimen.
Keunikan Bu Dewi sebagai pengambil keputusan secara
mandiri di lembaga yang dia dirikan, membuat dia memiliki
fleksibilitas dalam menerapkan hal-hal baru untuk merespon
kebutuhan nyata masyarakat. Munculnya beberapa siswa yang
berkebutuhan khusus menstimulasi Bu Dewi untuk
mengembangkan program ABK untuk anak-anak SD.
Memilki lokasi NBBS di pinggir sawah memberikan
kemudahan bagi Bu Dewi dan team untuk membuat kebijakan
tentang sumber alam nyata sebagai sumber belajar. Demikian
juga halnya dengan sumber belajar yang lain, NBBS juga
menggunakan lembaga pemerintah seperti PLTGU dan tempat-
tempat lainnya sebagai sumber belajar yang inovatif bagi siswa.
Keunikan pembelajaran di NBBS diterapkan dengan selalu
memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi secara
eksternal. Kebijakan tentang Task based Approach dan Project
based approach dilakukan dengan menyisipkan nilai-nilai
keterampilan abad 21 maupun nilai karakter /personal life skills
secara serius. Misalnya penyisipan nilai kepemimpinan, empati
dan komunikasi dan kolaborasi dikemas melalui penerapan
pembelajaran berbasis projek. Jika di sekolah tradisional
pengelompokan dibuat hanya untuk siswa di kelas yang
sama, NBBS melakukan projek dan pengelompokan untuk
mereka yang ada di tingkatan kelas yang berbeda, agar kakak
kelas bisa menerapkan kepemimpinannya, komunikasi dan
kolaborasi maupun keterampilan lainnya untuk adik-adik
kelasnya melalui projek yang ditugaskan sama mereka. Jadi
pengelompokan dilakukan lintas kelas dan lintas tingkatan;
tidak hanya pengelompokan untuk siswa di kelas yang sama
saja. Hal-hal begini membutuhkan keterampilan untuk
membuat sistem yang cerdas, fleksibel dan mampu
memanifestasikan filosofi dalam program nyata yang bermakna.
Banyak sekali contoh-contoh kegiatan yang inovatif
diterapkan di sekolah ini dan dipublikasikan dalam artikel ilmiah
oleh Bu Dewi, dan ada juga dalam bentuk buku agar menjadi
warisan untuk generasi penerus. Keseriusan dan komitmen
melakukan yang terbaik di NBBS, sekolah tersebut sekarang
menjadi sekolah yang mendapat kepercayaan dari masyarakat,
20