Page 22 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 22

Dewi  sebagai  orang  yayasan  selalu  memanfaatkan
                               network  yang  dibangun  untuk  bisa  terlibat  dalam
                               pengembangan profesional  staf-stafnya.  Dengan  cara  ini,
                               kompetensi  staf  dan  guru  terus  berkembang.  Secara
                               perlahan,  masyarakat  menjadi  percaya  dan sangat  tertarik
                               dengan  program-program  unggulan  yang  ada  di  TK  ASI.
                               Dalam  waktu  5  tahun,  TK  ASI  mendapat  kepercayaan
                               masyarakat karena  masyarakat  melihat  langsung  hasilnya.
                               Lulusan  TK  ASI  sangat  beda,  dan  terbukti  memiliki
                               kompetensi  dan  keterampilan  yang  sangat signifikan.  Para
                               orang  tua  TK  akhirnya  ikut  langsung  memperkenalkan  /
                               mempromosikan  TK  tempat  anaknya  sekolah,  ke  kerabat
                               dan teman-
                               temannya, sehingga sampai sekarang  menjadi TK favorit.
                                       Bukti sebagai TK favorit bisa dilihat dari calon siswa
                               antre  untuk  bisa  mendaftar  dari  setahun/dua  tahun
                               sebelumnya untuk „booking‟ tempat.
                                       Keunikan TK ini juga didukung oleh program TK yang
                               dibuat. Di TK ini ada tiga kelompok belajar, yaitu anak usia 3
                               tahun  disebut  Toddler,  Kelas  A  dan  kelas  B.  secara
                               keseluruhan  anak  berada  di  TK  selama  6  semester  atau  3
                               tahun.  Pembelajaran  di  semester  6,  merupakan  program
                               penyiapan  anak  masuk  SD,  sehingga  ketika  mereka tamat,
                               semua  anak  lulusan  TK  ASI  siap  masuk  SD  dan  orang  tua
                               sangat senang dengan hasilnya.
                                       TK  ASI  ini  sekarang  menjadi  favorit  juga  karena
                               menerapkan  pendidikan  inklusi  dan  menerima  anak
                               berkebutuhan khusus. Para orang tua sangat senang dengan
                               penanganan  yang  dilakukan  sehingga  TK  ini benar-benar
                               mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat.

                 3.2.4      Prestasi dalam membangun dan mendirikan Sekolah Dasar (SD)
                            bilingual dan menjadi sekolah favorit dan bertaraf internasional.
                            Mendirikan  SD  sebenarnya  tidak  begitu  direncanakan  sejak
                            awal. Tetapi naluri Bu Dewi untuk merepson terhadap fenomena
                            yang ada di    masyarakat dalam  bidang  keahliannya  tidak  bisa
                            dibendung.  Ide  untuk  mendirikan  SD  ini  terbersit  ketika  Bu
                            Dewi  diundang  menjadi  nara  sumber  tentang  pendidikan
                            bilingual di sebuah SMA favorit di Singaraja. Saat itu, Bu Dewi
                            memberikan paparan, tetapi paparan yang diberikannya seolah
                            tidak dipandang  sebelah  mata,  atau  dianggap  terlalu  „serius‟
                            dan  merepotkan, atau  terlalu  sulit  untuk  diterapkan.  Pihak
                            sekolah  seolah  tidak  menyadari  bahwa  mereka  memiliki
                            kelemahan secara sistemik sehingga  ide-ide yang diberikan sulit
                            untuk  diterima  dan  terkesan  menutup  diri  untuk  perubahan.
                            Pengalaman  mengenal  sekolah  RSBI  yang  dibuat  pemerinah
                            saat itu sebagai  Sekolah  Rintisan  Berskala  Internasional  sudah



                                                      18
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27