Page 25 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 25
lokal maupun internasional. Ada sebuah keluarga yang
sebelumnya tinggal di Vietnam, menghubungi NBBS bahwa jika
anaknya diterima di NBBS maka keluarga tersebut akan pindah
ke Bali. Mereka memutuskan tentang hidup dan bisnis yang
dilakukan berdasarkan berita diterima atau tidaknya anak
mereka di NBBS. Suatu cerita kepercayaan publik yang
membuat Bu Dewi terharu dan bangga. Cerita keberhasilan lain
adalah dua orang anak secara mandiri, setelah tamat NBBS,
masuk di SMP di luar negeri tanpa orang tua, tinggal di negeri
orang. Suatu bukti nyata keberhasilan pendidikan di NBBS.
Karakter mandiri dan independent, serta karakter baik
lainnya sudah dibuktikan langsung oleh masyarakat. Oleh sebab
itu, komentar-komentar positif selalu membuat team NBBS
terharu dan bangga setiap akhir tahun, dan orang tua selalu
puas dan bangga dengan apa yang dilakukan. Sekarang jumlah
siswa NBBS berasal dari siswa lokal, nasional dan bahkan dari
berbagai negara.
3.2.6 Prestasi dalam mendirikan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta yang
mendapat dukungan internasional dari berbagai negara.
Pengalaman lain, yang juga berprestasi, adalah mendirikan
sekolah
/lembaga swasta untuk membantu memberikan keringanan
biaya untuk mereka yang tidak mampu.
Lembaga ini didirikan pada tahun 2010, 12 tahun yang lalu,
sebagai upaya untuk merespon kebutuhan masyarakat saat itu.
Nama lembaga ini adalah “LEMBAGA PELATIHAN
KETENAGAKERJAAN SWASTA (LPKS) TOURISM AND HOME
ASSISTANCE PROGRAM (THAP)”.
Lembaga ini memiliki tujuan untuk membekali anak-anak
yayasan, yang tamat SMA dengan keterampilan tambahan,
program pariwisata satu tahun, agar yang bersangkutan memiliki
kesempatan kerja lebih banyak setelah tamat. LPKS THAP ini
berada di bawah naungan Kantor Tenaga Kerja Kabupaten
Buleleng.
LPKS ini didirikan di sebuah tanah yang dibeli dengan
bantuan dana donator yayasan seluas 8 are, sedangkan
bangunannya dibangun oleh donator dari Belanda. Dibangun
dalam konsep bangunan berbentuk bale banjar dan diisi dua
ruangan tempat praktek di atasnya dengan tujuan agar
bangunannya ini menjadi multi-fungsi.
Kurikulum LPKS ini dibuat oleh Bu Dewi. Memiliki
karakteristik yang sangat unik karena mempertimbangkan
situasi riil anak-anak yang tamat SMA yang dibantu yayasan,
dan berupaya mengakomodasi tuntutan kompetensi dunia
kerja. Analisis kebutuhan selalu mengawali setiap pendirian
lembaga/sekolah yang dilakukan Bu Dewi, dan berupaya
mengidentifikasi kebutuhan nyata yang harus diakomodasi agar
21