Page 26 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 26

capaian  pembelajaran  lulusannya  link  dan  match  dengan
                            kebutuhan pasar kerja di apangan.
                                                      l

                               Gap/kesenjangan  antara  situasi  kini  dan  situasi  yang
                            ditargetkan menjadi dasar pembentukan capaian pembelajaran
                            untuk lulusan, yang kemudian dikembangkan menjadi program.
                            Analisis  kebutuhan  juga  dilakukan  dengan  melakukan  bench
                            marking  terhadap  program-program  sejenis  yang  ada  di
                            Kabupaten  Buleleng  atau  di  Bali.  Melalui  analisis  ini,  Bu Dewi
                            berupaya  mengembangkan  program  yang  berbeda,  inovatif
                            tetapi  terjangkau,  dan  mampu  membekali  mahasiswa  dengan
                            keterampilan nyata sesuai kebutuhan.
                                   Program LPKS ini merupakan program satu tahun tetapi
                            memiliki tujuan  yang  berupaya  memberikan  multi-kompetensi.
                            Hal ini
                            dimanifestasikan  dalam  mata-mata  kuliah  yang  tergolong
                            menjadi beberapa bagian:
                              1)  Mata kuliah keterampilan Bahasa Inggris
                               Keterampilan  untuk  mampu  berbahasa  Inggris  sangat
                               penting dewasa ini, dan merupakan suatu keharusan untuk
                               bisa  berkontribusi  di  dunia  pariwisata.  Sedangkan,  fakta
                               menunjukkan  keterampilan  berbahasa  Inggris  anak-anak
                               tamatan  SMA/SMK  masih  rendah  dan  banyak  diantara
                               mereka  belum  mampu  berkomunikasi  meskipun  hanya
                               komunikasi  sederhana  dan  mendasar.  Oleh  sebab  itu,
                               mata  kuliah kelompok  ini  diberikan  bobot  sks  tinggi  dan
                               dipecah  menjadi  beberapa  mata  kuliah  agar  dalam  satu
                               tahun kemampuan mereka bisa diandalkan.
                              2)  Mata kuliah konten kepariwisataan
                               Kolompok  mata  kuliah  ini  bertujuan  untuk  memberikan
                               bidang  keterampilan  kepariwisataan  yang  akan  menjadi
                               bekal  pengetahuan  dan  keterampilan  peserta.  Kelompok
                               mata  kuliah  ini  disajikan  dalam  bentuk  mata  kuliah
                               pengetahuan  dan  mata  kuliah  keterampilan  yang  harus
                               dipraktekkan dan disimulasikan secara langsung.
                              3)  Mata kuliah pemberdayaan karakter dan personal like skill
                               Kelompok  mata  kuliah  ini  dimanifestasikan  dalam  bentuk
                               beberapa kegiatan,  yang  tujuannya  melatih  ketahanan  fisik
                               calon  peserta/mahasiswa  agar  mereka  nanti  memiliki
                               kemampuan  untuk  tidak mudah  menyerah  dan  kuat  dalam
                               menjalankan profesinya di bidang pariwisata. Ada beberapa
                               kegiatan yang dilakukan seperti berkebun, bangun pagi-pagi
                               tepat    waktu     melakukan      kegiatan-kegiatan     yayasan,
                               mengerjakan  tugas  yang  diberikan  instruktur  agar  mereka
                               mampu disiplin, tahan banting dan  memiliki ketahanan fisik
                               yang bagus.




                                                      22
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31