Ikuti Kuliah Online Melalui Zoom dan Dapatkan e-Sertifikat!
Disajikan mengikuti era pembelajaran terkini dan mudah diakses pada seluruh platform

00

hari


00

jam


00

menit


00

detik


Tentang Undiksha Berbagi

S elamat datang di Undiksha Berbagi, sebuah sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman dari akademisi Undiksha kepada para guru, pendidik, mahasiswa, dan masyarakat luas. Kami menampilkan topik terkini dan menarik yang telah dipilih berdasarkan relevansinya dengan apa yang dibutuhkan masa kini.

Sesi-sesi ini menampilkan para narasumber dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial humaniora, psikologi, teknologi informasi yang merupakan dosen-dosen Undiksha. Anda dapat menghadiri sebanyak mungkin sesi yang Anda inginkan tanpa biaya pendaftaran. Di situs ini, Anda dapat menemukan informasi tentang masing-masing pembicara kami dan jadwal untuk setiap sesi. Anda juga akan menemukan tautan pendaftaran untuk setiap kuliah online dan memungkinkan kami untuk memberikan informasi terbaru kepada seluruh masyarakat mengenai acara Undiksha berbagi.

Dapatkan Berbagai Manfaat

Agenda Undiksha Berbagi #31innovative

Tanggal Kegiatan Kuliah Online
Minggu, 14 Januari 2024 Membangun SDM Cerdas & Bebas Depresi Menuju Indonesia Unggul 2045
Agus Aan Jiwa Permana, S.Kom., M.Cs
Jam 10.00 – 11.00 wita

Kuliah ini menjabarkan bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia yang cerdas akal, cerdas rohani, bebas depresi, meningkatkan resiliensi mahasiswa untuk mensupport pemerintah melalui pendidikan di perguruan tinggi berbasis digital konseling dengan bantuan machine learning.

Minggu, 14 Januari 2024

Model Evaluasi DIVAYANA
Prof. Dr. Ir. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom.,M.Kom.,IPM.,ASEAN.Eng.

Jam 10.00 – 11.00 wita

Kuliah ini secara khusus membahas salah satu model evaluasi yang bernama model evaluasi DIVAYANA. Model Evaluasi DIVAYANA merupakan salah satu terobosan baru model evaluasi yang diciptakan oleh Prof. Dr. Ir. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom.,M.Kom.,IPM.,ASEAN.Eng. Model ini dapat digunakan untuk mengevaluasi layanan pendidikan berbasis ICT, proses pembelajaran berbasis ICT, kebijakan pendidikan teknologi informasi, dan hal-hal umum lainnya dalam bidang pendidikan berbasis ICT. Jika dilihat dari namanya, model DIVAYANA merupakan akronim yang berasal dari huruf awal setip kata-kata berikut: Description, Input, Verification, Action, Yack, Analysis, Nominate, dan Actualization. Tujuan utama dibentuknya model evaluasi ini adalah untuk menentukan prioritas rekomendasi mulai dari tingkat tertinggi sampai dengan terendah dari sejumlah rekomendasi yang diberikan oleh pengambil keputusan/kebijakan untuk memecahkan beberapa permasalahan yang ditemukan di lapangan.

Minggu, 14 Januari 2024

Bagaimana Peran Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam Pencapaian Indikator SDGs Desa?
Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A.
Jam 10.00 – 11.00 wita

Topik ini membahas mengenai kondisi eksisting BUM Desa, praktek keberlanjutan yang ada di BUM Desa, dan cara agar BUM Desa dapat berperan dalam pencapaian SDGs Desa


Tanggal Kegiatan Kuliah Online
Minggu, 14 Januari 2024 Karakteristik Gelombang Elektromagnetik Pada Antena Mikrostrip Bi-Circular Aplikasinya Pada Sistem Komunikasi Satelit
Dr. Putu Artawan, S.Pd.,M.Si
Jam 11.30 - 12.30

Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur. Perbedaan karakteristik energi gelombang digunakan untuk mengelompokkan energi elektromagnetik. Dalam aplikasi teknologi informasi, gelombang elektromagnetik memiliki peran utama dalam sistem transformasi energi dengan indikator karakteristik dalam besaran tertentu seperti VSWR, Gain, Pola Radiasi dan Return Loss. Analisa secara numerik dengan formula impedansi yang mendukung perhitungan terkait dengan karakterisasi tersebut sangat diperlukan yang kemudian dikomparasi melalui simulasi dan hasil fabrikasi. Hasil fabrikasi yang didesain diukur untuk mendapatkan parameter desain (VSWR, Gain, Pola Radiasi dan Return Loss) dengan menggunakan Network Analyzer. Salah satu desainnya dalam aplikasi teknologi informasi berupa antena, Hasil review beberapa penelitian dan penelitian yang sudah dilakukan dihasilkan desain Antena dengan karakterisasi parameter yang lebih optimal dalam aplikasinya pada sistem komunikasi satelit yaitu memiliki Band Width yang lebih lebar, Return Loss yang sangat kecil, Gain dan Direktivitas yang tinggi, serta jangkauan akses point to point yang lebih luas dengan daya input seminimal mungkin.

Minggu, 14 Januari 2024

Gerakan Literasi Akar Rumput
Dr. I Wayan Artika, S.Pd., M.Hum.

Jam 11.30 - 12.30

Saat ini dunia pendidikan masih mengalami kendala literasi. Berbagai gerakan literasi telah dilakukan di bawah pilar GLN (Gerakan Literasi Nasional). Namun justru semakin waktu gerakan literasi, apalagi GLS (Gerakan Literasi Sekolah) semakin surut atau stagnan. Sementara itu, di sekolah-sekolah telah dikembangkan asesmen kompetensi minimu dan di dalamnya terdapat literasi dan numerasi. Hal ini menjadi kesulitan bagi siswa karena tidak didukung oleh praktik baik literasi. Sekolah-sekolah pun mengalami maslah dalam rapor pendidikan dan pada umumnya nilai literasi dan numerasi masih merah. Hal yang menarik ternyata, gerakan literasi terlalu elitis. Semua sibuk bicara donasi buku dan fasilitas perpustakaan. Karena itu yang dibutuhkan saat ini adalah gerakan literasi akar rumput karena sementara ini gerakan literasi Indonesia terlalu elitis. Penulisa berpengalaman hampir empat tahun mengelola komunitas literasi dengan gerakan literasi akar rumput di Komunityas Desa Belajar Bali, program terbaru setahun terakhir adalah safari literasi ke sekolah, komunitas, kampus dan desa-desa di Bali. Inilah yang aklan dibagikan dalam forum Undiksha Brebagi. Semoga gagasan ini menarik dan penting sehingga mendapat kesempatan dalam kegiatan ini. Salam Literasi.

Tanggal Kegiatan Kuliah Online
Minggu, 14 Januari 2024 Menciptakan Pembelajaran yang Membahagiakan
Prof. Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd.
Jam 13.00 – 14.00 wita

Dalam upaya menggapai dua dampak pembelajaran, yakni instructional effect dan nurturant effect, pembelajaran perlu dirancang dan dikemas oleh pendidik menggunakan pendekatan pembelajaran I2M3 (Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Menantang, dan Memotivasi). Pembelajaran dapat dianalogkan sebagai sebuah orkestra, yang mengkolaborasikan para pemain musik berbakat dengan menggunakan alat musik beragam dan dipimpin oleh seorang gitapati untuk menciptakan alunan musik yang harmoni. Interaktivitas di antara orang-orang yang terlibat dalam orkestra, membangun inspirasi, menciptakan hal yang menyenangkan, mengikuti kegiatan menantang, dan saling memberikan motivasi dapat menghadirkan spirit bersama untuk mencapai alunan musik yang indah dan merdu. Demikian juga dalam kegiatan pembelajaran, kolaborasi dan saling memberi dukungan serta motivasi akan memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Minggu, 14 Januari 2024

Kanker Payudara: Gejala Dan Faktor Risiko
Dr. dr. Ketut Suparna, Sp. B Subsp. Onk (K) MSi
Jam 13.00 – 14.00 wita

Kanker(malignansi) adalah penyakit yg terjadi (salah satu)akibat pertumbuhan sel di luar kontrol tubuh. Sekarang men jadi program unggulan pemerintah( KJSU:Kanker Jantung Stroke Urologi),krn morbiditas dan mortalitas nya tinggi(ketiga setelah kec lalu lintas dan kardiovaskuler).Kanker itu berasal dari satu sel Sehat yg mengalami perubahan perangai.Amat berbahaya krn potensi selnya yg masuk ke sela sel sehat(invasif) dan merusak("crab like").Penyebab yg pasti blm diketahui.Tp ada bbrp faktor rrisiko yg bs kita hindari(modified risk factor).Kanker psyudara merupakan jenis kanker terbanyak di dunia,Indo,Bali dan Buleleng.Terbukti bhw faktor hormonal,sedentary life style, paritas,menyusui,masa menstruasi,riwayat klg,mrp faktor yg bisa dimodifikasi. Spt halnya kanker pd umumnya bhw tk keparahan("stadium") akan membawa ke tk keberhasilan pengobatan(prognostic factor).70-80% kanker payudara datang ke dokter dlm stadium lanjut(std III atau IV).Sehingga lama hidup 5 th dan 10 th menjadi rendah.Masyarakat hendaknya diajari Untuk Melakukan Sadari/Sarari,chek up rutin berupa USG dan Mamografi.Ketiga modalitas ini Sdh terbukti dpt menurunkan std awal..Disamping mengenal gejala berupa segala jenis kelainan pd payudara(benjolan,perub warna kulit,luka,asimetris kiri kanan, pelebaran pb drh,puting susu mengkerut,ada cekokan,keluar cairan yg tak wajar),benjolan di ketiak,leher,dada,atas tl Selangka..Jangan anggap remeh kelainan ini.

Minggu, 14 Januari 2024

Tren dan Tantangan Penelitian Pengenalan Emosi Berbasis Sinyal Electroecephalogram
Dr. I Made Agus Wirawan, S.Kom
Jam 13.00 – 14.00 wita

Emosi merupakan interaksi dan perilaku psikologi manusia yang berperan penting dalam interaksi sosial manusia sehari-hari. Biasanya timbul sebagai respon terhadap kondisi atau permasalahan tertentu yang mewakili suatu target tertentu yang ingin dicapai [1]. Oleh karena itu, penting untuk mengenali emosi manusia dalam upaya memahami interaksi dan perilaku psikologis manusia. Secara umum ada dua pendekatan dalam pengenalan emosi yaitu: i) aspek fisik atau eksternal manusia dan ii) sinyal fisiologis atau aspek internal manusia. Pengenalan emosi yang diungkapkan secara eksternal biasanya dapat dengan sengaja disembunyikan dalam lingkungan sosial [2]–[4]. Masalah-masalah ini sebagian besar diselesaikan dengan menggunakan sinyal fisiologis dari sistem saraf pusat melalui sinyal electroencephalogram (EEG) [5]. Pengenalan emosi berbasis sinyal EEG memiliki beberapa keunggulan seperti: i) portabilitas, biaya rendah, dan kemudahan untuk disejajarkan [5], ii) data spasial, temporal, dan spektral yang kaya tentang pengalaman afektif manusia yang mendukung mekanisme saraf yang mendasarinya [ 6], [7], dan iii) terjadinya reaksi emosional pertama kali di otak manusia, terutama di bagian subkortikal, yang berarti perubahan sinyal EEG dapat secara langsung mencerminkan kondisi emosi manusia [4], [6 ]. Beberapa penelitian telah mengemukakan beberapa tren dan tantangan dari pengenalan emosi berbasis sinyal EEG yang musti dikaji lebih lanjut.


Pembicara

Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A.

Dosen FE Undiksha


Dr. Putu Artawan, S.Pd., M.Si.

Dosen FMIPA Undiksha


 

Frequently Asked Question

Berikut daftar pertanyaan yang sering muncul dan dapat dijadikan acuan

1Apakah saya perlu mengunduh perangkat lunak khusus atau aplikasi untuk ditonton?

Tidak, tidak ada plugin atau aplikasi untuk diinstal. Anda dapat menonton dari laptop, tablet, atau perangkat seluler melalui browser web Anda. Setelah Anda mendaftar, kami akan mengirimkan tautan ke kuliah online. Kami juga akan mengirimi Anda email tindak lanjut 15 menit sebelum waktu mulai.

2Apakah saya harus menghadiri semua kuliah online ?

Tidak, Anda dapat menghadiri kuliah online tunggal atau sebanyak yang Anda inginkan.

3Bagaimana saya menerima sertifikat kehadiran saya?

Saat Anda mendaftar untuk acara tersebut, platform kuliah online akan meminta Anda untuk memberikan alamat email Anda. Setelah kuliah online, kami akan mengirimi Anda email tautan untuk menyelesaikan survei singkat yang akan memerlukan nama dan alamat email Anda. Setelah survei selesai, kami akan mengirimkan sertifikat Anda untuk diunduh.

4Mengapa saya tidak melihat situs web lengkap?

Situs web ini dioptimalkan untuk Google Chrome dan Apple Safari. Jika Anda kesulitan melihat seluruh halaman, coba gunakan fitur zoom in atau zoom out browser Anda untuk melihat semua konten.

5Bagaimana saya bisa mendapat bantuan?

Anda dapat menghubungi helpdesk UPT TIK pada layanan jam kerja melalui whatsapp 036226100 dan Fanspage UPT TIK Undiksha

 

Universitas Pendidikan Ganesha

Apabila masih terdapat hal-hal kurang jelas dan membutuhkan informasi lebih. Hubungi kami melalui layanan yang ada.

Layanan Informasi

Silakan hubungi kami pada layanan jam kerja.

  • 800 - 1600
  • 800 - 1650

Kontak Kami