Undiksha Galakkan PMW, Strategi Lahirkan Lulusan Mandiri

Mahasiswa Undiksha mengikuti pembekalan PMW 2019

Singaraja – Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) kembali digulirkan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) tahun 2019 ini. Program yang digawangi UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (PKKM) itu sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan kemandirian lulusan. Dalam artian tidak hanya terfokus menjadi pekerja, namun bisa sebagai entrepreneur.

Kepala UPT PKKM Undiksha, Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, S.Pd., M.Kes., menjelaskan sesuai data, terdapat 90 proposal yang masuk untuk program tersebut. Namun setelah dilakukan seleksi administrasi dan verifikasi oleh reviewer, hanya 39 yang dinyatakan lolos. Menindaklanjuti itu, mahasiswa yang tergabung dalam tim telah diberikan pembekalan di Ruang Seminar Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Undiksha, Jumat (14/6/2019). “Tahapan program ini dimulai dari April lalu. Cukup banyak proposal yang masuk. Bentuk usahanya beragam. Ada kuliner, jasa dan lain sebagainya,” terangnya.

Pascapembekalan, sambungnya tim tersebut akan mengikuti program magang di tempat yang sesuai dengan jenis usaha yang digagas. Dari itu diharapkan mendapat pengetahuan yang lebih mendalam terkait manajemen. Dari UPT PKKM bersama tim terkait juga melakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan. “Jenis usahanya beragam. Ada kuliner, jasa dan lain sebagainya. Ini mendapatkan sentuhan inovasi,” ucap Parwata yang juga sebagai dosen di Fakultas Olahraga dan Kesehatan Undiksha.

Melancarkan program ini, Undiksha juga memberikan suntikan dana. Meskipun jumlahnya masih tergolong kecil, diharapkan mampu merangsang mahasiswa untuk bisa melakukan gerakan inovatif. “Untuk dananya yang diberikan menyesuaikan dengan bentuk usahanya. Besarannya dari tiga juta sampai enam juta. Kami ingin melalui program ini, mahasiswa memiliki keterampilan lebih yang bisa menjadi bekal ketika sudah lulus. Kami terus galakkan ini,” ucapnya.

Ide kreatif yang dituangkan mahasiswa berbagai program studi itu juga diharapkan bisa diusulkan dalam lomba tingkat nasional khusus tentang kewirausahaan. “Prestasi mahasiswa sangat penting untuk mendukung pemeringkatan lembaga. Jadi ide usaha yang dibuat mahasiswa ini kami harapkan bisa ikut dilombakan,” imbuhnya.

Wakil Rektor III Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd menyampaikan prestasi mahasiswa memang harus didorong, termasuk dalam bidang kewirausahaan. Pihaknya pun menjadikan itu sebagai perhatian serius. “Kita perlu memperbaiki managemen. Ini yang harus dimaksimalkan. Saya ingin prestasi kedepan semakin banyak,” tegasnya. (hms)

 

 

Informasi Publik