Tahun 2021: Capaian Kinerja Undiksha Positif, Denwas Berikan Apresiasi

(kanan-kiri) Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., Ketua Denwas Undiksha, Moch. Wiwin Darwina, S.E.,M.Si., dan anggota Denwas Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Cika, M.S.

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada tahun 2021 ini mampu menorehkan capaian kinerja yang positif dan membanggakan. Hal tersebut terdiri atas prestasi maupun capaian Indikator Kinerja Utama (IKU). Capaian ini mendapat apresiasi dari Dewan Pengawas (Denwas) dalam rapat koordinasi, Sabtu (16/10/2021).

Pada rapat yang berlangsung di Hotel Puri Saron, Buleleng, Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd memaparkan Undiksha terus berupaya meningkatkan kualitas sehingga mampu semakin berdaya saing, baik nasional maupun internasional. Melalui kerja keras seluruh civitas akademika, perguruan tinggi besutannya telah mampu mencapai target sebagian besar IKU. Capaian ini menempatkan Undiksha peringkat ke- 7 dari 33 Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) untuk tahun 2020/2021. Selain itu, Undiksha berada pada peringkat 1 untuk keunggulan di IKU 5 PTN-BLU. “Capaian ini karena dukungan seluruh pihak, baik pimpinan, dosen, maupun juga Denwas,” jelasnya.

Sementara itu, berkaitan dengan prestasi, lanjutnya cukup banyak ditorehkan oleh mahasiswa, baik nasional maupun internasional. Sejumlah prestasi ditorehkan berkait inovasi-inovasi yang digagas mahasiswa maupun dosen. Selain itu, terdapat pula sembilan Tim Undiksha yang berhasil lolos dan didanai Program Innovillage PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Telkom University, Forum Rektor Indonesia, APERTI BUMN, dan Indonesia Career Center Network (ICCN). “Capaian prestasi sangat luar biasa. Ini juga menjadi kebanggan kami di Undiksha,” katanya.

Selain dua hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Pendidikan, Undiksha juga menggenjot pembangunan, yang pada tahun 2021 dilakukan untuk Laboratorium Kesehatan Terintegrasi dengan sumber dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) maupun pembangunan laboratorium riset terpadu dengan sumber dana dari Undiksha dan sharing bersama Pemkab Buleleng.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki visi “Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045”, Undiksha juga terus menggenjot akreditasi program studi. Berdasarkan data terakhir, sudah terdapat 23 prodi yang terakreditasi unggul dari 64 prodi yang dimiliki. Selain itu, Undiksha juga mengajukan 21 program studi yang tersebar di fakultas dan Pascasarjana untuk akreditasi internasional. Langkah Undiksha untuk meningkatkan kualitas terus berlanjut. Penguatan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi terus dilakukan, demikian juga dengan akreditasi dan peningkatan kualitas sumber daya. Hal ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah student body.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas Undiksha, Moch. Wiwin Darwina, S.E.,M.Si.,memberikan apresiasi atas capaian kinerja Undiksha. “Prestasinya sangat luar biasa dan banyak prestasi yang lain juga yang dicapai oleh Undiksha,” katanya. Meski demikian, ia tetap mendorong Undiksha untuk terus meningkatkan jumlah guru besar dan program studi terakreditasi unggul bisa mencapai lebih dari 50 persen. “Sehingga kebijakan kementerian untuk perguruan tinggi BLU diarahkan PTN-BH akan bisa tercapai dengan baik, termasuk jumlah mahasiswa lebih dari 25.000 orang. Kemudian akreditasi internasional juga sekarang sedang diusulkan ada 21. Ini sungguh luar biasa bahwa ini bisa dicapai dengan baik. Saya kira itu adalah cita-cita seluruh jajaran pimpinan dari Rektor ke bawah,” ucapnya.

Rapat koordinasi ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Administrasi, Keuangan dan Sumber Daya Manusia Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ni.Luh Wayan Yasmiati, S.H.,M.Pd., Kepala Biro AKPK, Drs. I Made Yasa, M.Pd., Ketua SPI, dan ketua staf ahli. Usai rapat, dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan laboratorium kesehatan terintegrasi. (hms)

Informasi Publik