Renstra 2020-2024, Undiksha Genjot Peningkatan Mutu

Suasana FGD review Renstra 2020-2024 Undiksha

Singaraja- Peningkatan mutu terus digenjot Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Hal tersebut menjadi perhatian serius dan dituangkan dalam rencana strategis (renstra) 2020-2024 yang di-review, Jumat (22/3/2019).

Wakil Rektor II Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd menyampaikan mutu yang dimaksud tak hanya sebatas input, tetapi juga dalam proses maupun produknya dalam dimensi akademik maupun non akademik. “Sasaran strategisnya, kami ingin Undiksha memiliki nilai tawar dari sisi mutu. Ini yang dituangkan dalam renstra,” tegasnya.

Sejauh ini, sambungnya Undiksha sudah melakukan sederet upaya untuk meningkatkan mutu. Mulai dari membenahi tata kelola bidang akademik melalui penyiapan kurikulum yang ideal, menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengajar yang memenuhi kualifikasi dengan mendorong studi lanjut. Ada pula mengembangkan model pembelajaran berbasis e-learning dengan melengkapi sejumlah intrumen pendukung. “Kami terus melakukan penyempurnaan. Juga sudah melakukan upaya-upaya menterjamkahkan konsep Tri Hita Karana dalam kesleuuhan aktivitas di Undiksha. Sudah terjemahkan dari hulu sampai hilir. Bukan sekadar slogan atau visi yang bersifat abstrak semata,” ucapnya.

Khusus untuk renstra, telah dibahas melalui tim khusus dan di-review oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenristekdikti, Erry Ricardo Nursal, sebelum dibahas dalam rapat kerja pada 23 dan 24 Maret. “Kami berharap bahwa rencana kegiatan dan anggaran Undiksha yang menjadi bagian rapat kerja betul-betul sesuai dengan visi misi kelembagaan dan memenuhi bberapa unsur perencanaan,” sebut mantan Dekan Fakultas Ekonomi Undiksha ini.

Sementara itu, Ricardo Nursal menjelaskan dalam.perencanaan program, perguruan tinggi, termasuk Undiksha perlu mengantisipasi revolusi industri 4.0. Selain itu, penganggaran berbasis kinerja juga harus diperhatikan dan diimpelentasikan untuk perencanaan dan pelaksanaan program. “Perlu juga keterkaitan logis antarindikator program yang direncanakan. Misalnya kalau ingin meproyeksikan kenaikan jumlah mahasiswa, harus didukung dengan jumlah SDM,” jelasnya.

Apa yang disusun Undiksha, olehnya disambut baik. Terlebih menjadi satu-satunya perguruan tinggi negeri yang baru menyampaikan renstra ke Kementerian. “Ini perlu terus dilakukan penyesuaian, bisa lebih tajam dan terus disempurnakan,” imbuhnya. (hms)

 

Informasi Publik