Periode Juni-Agustus 2019, Puluhan Mahasiswa Undiksha PKL-PPL di Luar Negeri

Undiksha menerima tiga peserta PKL dari perguruan tinggi di Vietnam

Singaraja- Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Luar Negeri kembali digulirkan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) periode Juni-Agustus 2019 ini. Terdapat puluhan mahasiswa yang akan diberangkatkan ke empat negara di ASEAN secara bertahap. Mereka berasal dari berbagai program studi. 

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Undiksha, Prof. Dr. AAIN Marhaeni, M.A menjelaskan untuk program PKL diikuti 15 orang dan PPL 34 orang. Mereka mengikuti program terbagi di Vietnam, Philipina, Thailand dan Malaysia. “Ada lebih dari 15 perguruan tinggi yang diajak kerjasama,” jelasnya, Jumat (21/6/2019). Mahasiswa tersebut, sambungnya akan mengikuti program satu sampai tiga bulan sesuai dengan bidang keilmuannya. 

Sejak bergulir dari 2017, pelamar program tersebut terus meningkat. Khusus untuk keberangkatan periode Juni-Agustus 2019 ini, tercatat lebih dari 200 orang. Atas hal tersebut, Undiksha berupaya memperluas kerjasama dengan menyasar perguruan tinggi lain, termasuk di luar ASEAN. “Berdasarkan kerjasama dengan SEAMEO dan U to U, antara keberangkatan dan penerimaan supaya tidak selisih jauh. Sebenarnya mahasiswa Undiksha yang berpeluang untuk berangkat sekitar 60 orang. Sekarang mahasiswa sudah sangat sadar  akan pentingnya mengikuti program ini,” ucap Marhaeni. 

Pada periode yang sama, Undiksha juga menerima sekitar 30 mahasiswa dari Vietnam, Thailand, Philipina dan Malaysia. Kedatangannya berlangsung secara bertahap. “Hari ini baru datang tiga orang dari Duy Tan University Vietnam. Mereka ada PKL di Bank dan Hotel. Yang lain segera menyusul,” jelasnya. 

Program tersebut, imbuh Dosen Bahasa Inggris ini sangat penting untuk mahasiswa, mulai dari penambah wawasan akan kebudayaan negara lain hingga memberikan pengalaman yang dapat memperkuat daya saing dalam dunia kerja. (hms)

Informasi Publik