Percepat Lulusan Terserap Dunia Kerja, Undiksha Siapkan Magang di BUMN

Undiksha menggelar sosialisasi program mahasiswa magang bersertifikat di BUMN dan Trecer Study

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berkomitmen melahirkan lulusan yang berdaya saing. Mendukung itu, berbagai strategi telah dipersiapkan. Tak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran. Terbaru, juga dipersiapkan program mahasiswa magang bersertifikat pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan tracer study. Melalui Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (UPT PKKM), hal tersebut telah disosialisasikan ke program studi, Senin (29/4/2019).

Kepala UPT PKKM Undiksha, Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, S.Pd., M.Kes.,mengungkapkan magang tersebut akan memberikan peluang lebih besar dalam percepatan penyerapan lulusan di dunia kerja, disamping kompetensi tambahan yang berkaitan bidang ilmunya. “Sehingga magang ini digalakkan oleh BUMN yang memang dikoordinasikan oleh Forum Human Capital Indonesia. Kalau kita tidak masuk sebagai member dalam forum ini, kita tidak akan diibatkan dalam program magang,” jelasnya.

Diakui, Undiksha baru pertama kali melaksanakan program tersebut, karena UPT PKKM terbentuk pada akhir 2016. “Setelah terbentunk kami berusaha mencari informasi di perguruan tinggi lain soal pengelolaan PKKM. Sehingga dapat informasi program magang ini. Untuk diawal, kami belum menargetkan berapa peserta yang mengikuti magang. Yang penting ada dulu. Ini yang kami harapkan bisa disampaikan oleh prodi ke mahasiswa,” ucapnya.

Disampaikan lebih lanjut, dalam percepatan penyerapan di dunia kerja, sebelumnya telah dilaksanakan job fair yang bekerjasama dengan sejumlah perusahaan di Kabupaten Buleleng dan Denpasar. “Kedepan kita akan kembangkan pelaksanaan job fair dengan online. Yang perlu dipersiapkan adalah SDM yang paham betul dengan IT. Tanpa didukung dengan SDM yang begitu, kita akan kewalahan,” jelas akademisi yang mengajar di Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) ini. Sementara itu untuk tracer study, masa tunggu kerja para alumni diinginkan nol bulan. Bahkan bisa sebelum lulus. “Ini yang kami inginkan. Lulusan tidak butuh waktu lama menunggu untuk bisa bekerja,” imbuhnya.

Wakil Rektor I Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si.,menyampaikan percepatan serapan lulusan pada dunia kerja terus diupayakan. Selain melalui peningkatan kualitas pembelajaran, juga disiapkan kurikulum yang relevan. “Kami siapkan kurikulum, bagaimana lulusan bisa berdaya saing dan cepat terserap pada dunia kerja. Bisa juga bekerja layak. Tidak asal kerja,” tegasnya. (hms)

Informasi Publik