Penerima Bidikmisi, Mahasiswa Diminta Lahirkan Gagasan Inovatif

Singaraja- Ratusan mahasiswa universitas Pendidikan Genesha (Undiksha) mendapatkan Bidikmisi kuota tambahan tahun 2019. Sejalan dengan itu, mahasiswa berbagai program studi ini dituntut untuk menunjukkan kualitas diri, baik dari sisi softskill dan prestasi. Demikian disampaikan wakil rector III Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd saat membuka sosialisasi, Rabu (18/12/2019).

Berdasarkan data, beasiswa tersebut diterima 196 mahasiswa semester I dan Sembilan orang on going. Jumlah tersebut sesuai dengan usulan yang disampaikan Undiksha ke pusat. Penerima ini merupakan orang pilihan yang menjadi penentu masa depan bangsa. Oleh sebab itu, Wakil Rektor, Prof. Suastra menegaskan kualitas diri yang baik menjadi hal yang wajib dimiliki. “Saya tekankan, mahasiswa ini harus memiliki softskill yang baik. Karakter yang baik dan mampu menorehkan prestasi,” tegasnya.

Mahasiswa juga ditantang untuk bisa membuat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bisa lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang menjadi ajang bergengsi setiap tahun. Selain itu, sebagai insan akademis, mahasiswa juga diharapkan mampu melahirkan gagasan inovatif, termasuk dalam memecahkan persoalan yang ada di masyarakat. “Harus turun ke desa. Menggali persoalan di masyarakat dan dicarikan solusi untuk penanganannnya. Misalnya dalam pengelolan limbah. Hal seperti ini bisa dijadikan PKM,” ucapnya.

Keterlibatan dalam organisasi kemahasiswaan maupun kegiatan kampus juga menjadi tuntutan untuk mahasiswa. Hal itu sebagai bagain untuk mengasah social skill. “Saya juga meminta mahasiswa ini bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk pendidikan. Bisa lulus empat tahun,” imbuh Suastra. (hms)

Informasi Publik