Penanganan Covid-19, Undiksha Siapkan Asrama untuk Isolasi Mandiri

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Buleleng. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan menyiapkan satu blok asrama di Kampus Jinengdalem sebagai tempat isolasi mandiri. Demikian disampaikan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd, Selasa (13/7/2021).

Dijelaskan, kontribusi Undiksha ini tidak lepas dari adanya peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Buleleng yang menyebabkan ruang isolasi di sejumah rumah sakit hampir penuh. Selain itu, juga ada harapan dari Bupati Buleleng agar pihak lain turut berkontribusi dalam menyediakan tempat isolasi mandiri yang layak, nyaman, dan sehat. “Oleh karena itu, kita juga memiliki asrama yang belum penuh ditempati oleh mahasiswa, kita sumbangkan, atau berikan, atau ijinkan satu blok asrama untuk penanganan masyarakat yang terpapar Covid-19. Itu tempatnya di Jinengdalem,” jelasnya.

Asrama lantai III ini sebelumnya telah ditunjau oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng. Kapasitas asrama tersebut sebanyak 80 orang dan telah dilengkapi fasilitas yang memadai. Pemanfaatannya ini, lanjut Rektor Jampel juga diimbangi dengan pengawasan yang ketat oleh Satgas untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 kepada penghuni yang lain. “Ini diatur dengan baik oleh Satgas. Sudah dipetakan, menata bagaimana orang yang keluar masuk disana harus steril. Ini juga dijaga 24 jam,” ungkapnya.

Lebih lanjut, rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini menyampaikan sebagai perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran, Undiksha juga telah membentuk tim vaksinator yang turut membantu pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap warga di Kabupaten Buleleng. “Ini dukungan yang kita berikan, bagaimana agar Covid-19 ini dapat tertangani secara maksimal,” tegasnya.

Rektor yang juga sebagai Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng ini pun mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Kita sebagai institusi perguruan tinggi berharap masyarakat selalu menjaga kesehatan untuk diri sendiri dan orang lain,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik