Pamerkan Anggur Laut, Mahasiswa Undiksha Sabet Juara I Student Entrepreneurship Expo

Mahasiswa Undiksha raih juara di expo

Singaraja- Prestasi yang ditorehkan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus mengalir. Kali ini datang dari Dewa Gede Tresna Yudiana dan Ni Putu Nitha Astri Lestari. Keduanya yang berasal dari Program Studi Akuakultur Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas MIPA berhasil menyabet juara I di ajang Student Entrepreneurship Expo di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang terselenggara pada 20 -21 Maret 2019.

Dikonfirmasi, Kamis (28/3/2019), Dewa Yudiana mengatakan pada kompetisi serangkaian dengan Dies Natalis FMIPA UNNES ke-54 ini, Undiksha harus bersaing dengan 162 tim yang berasal dari sejumlah universitas di Indonesia. Beberapa masuk sebagai perguruan tinggi bergengsi, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Brawijaya. Pada expo itu, mahasiswa semester II asal Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini memamerkan anggur laut yang masih segar dan olahan menjadi asinan. “Anggur laut ini menjadi komoditas unggulan prodi. Ini yang dipamerkan. Kalau perguruan tinggi lain ada memamerkan makanan, ada juga yang berkaitan dengan jasa,” ucapnya.

Mendapatkan prestasi gemilang itu bukan perkara mudah. Harus melakukan persiapan sejak dua bulan sebelumnya. “Ini menjadi prestasi pertama tingkat nasional,” katanya. Capaian itu tak membuatnya langsung puas. Keinginannya untuk mengikuti kompetisi lain dan menyandang juara masih sangat besar. “Tetap ingin ikut pada ajang lain. Kami juga ingin anggur laut ini bisa dipasarkan semakin luas. Begitu juga dengan olahannya. Prospeknya bagus,” imbuhnya.

Sementara itu, Pembina, I Kadek Lila Antara, S.Pi.,M.P mengaku bangga dengan prestasi itu. Diakui, dalam persiapan terdapat kendala dalam peralatan akuakultur. Namun itu dapat segera teratasi. “Untuk peralatan kami masih bekerjasama dengan swasta. Kami juga berharap lembaga mendukung untuk pengadaannya,” sebutnya. Prestasi ini juga mendapat respon positif dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Undiksha, Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes. Diharapkan itu mampu meningkatkan grade prodi, jurusan, fakultas maupun universitas. “Kami sangat mengapresiasi prestasi ini. Semoga kedepan semakin banyak lagi,” ungkapnya. (hms)

 

Informasi Publik