KMHD YBV Undiksha Selenggarakan LCC Agama Hindu Tingkat SMP Se-Bali dan SMA/SMK Se-Bali

KMHD YBV Undiksha kembali selenggarakan Lomba Cerdas Cermat Agama Hindu (LCC AH). Lomba ini mengujikan pengetahuan siswa tentang teori dan praktek dalam agama hindu. Babak semifinal dan final dilaksanakan hari ini Sabtu, (3/2) di Gedung Auditorium Undiksha, yang sebelumnya telah terlaksana pula babak penyisihan di masing-masing rayon. Menariknya LCC AH tingkat SMA/SMK se-Bali ini merupakan yang ke-10 sedangkan tingkat SMP se-Bali merupakan yang pertama kalinya.

Anggita, selaku ketua panitia menyatakan dengan adanya kegiatan ini KMHD YBV Undiksha ingin melestarikan agama hindu berawal dari para pelajar, “ya setidaknya mereka mengetahui lebih pelajaran-pelajaran agama hindu, dan tak sekedar tahu namun harus diamalkan juga dalam kehidupannya sehari-hari nantinya”.

Dalam lomba ini siswa diuji pemahamannya tentang materi pelajaran agama hindu, pembuataan sarana upacara seperti daksina dan klatkat, pemahaman doa sehari-hari serta arti sloka-sloka bhagavad gita. Suara bel dari tombol yang ditekan peserta lomba membuat babak final (soal rebutan) berlangsung menegangkan. Adapun juaranya sebagai berikut:

Tingkat SMP se-Bali

Juara I Gusti Agung Bagus Rizky Wahyudi (SMPN 1 Tegalalang)
Juara II  Putu Sri Ratih Indira Widiantini (SMP Satap N 2 Sukasada)
Juara III I Gede Krisna Pratama (SMPN 1 Semarapura)
Harapan I Ni Luh Putu Serli Damayanthi (SMPN 1 Selenadeg Barat)
Harapan II Desak Made Dwi Yuniastri (SMPN 1 Busung Biu)

Tingkat SMA/SMK se-Bali

Juara I Ni Kadek Desi Priska Devi (SMA Guru Kula Bangli)
Juara II Desak Putu Sukmawati (SMAN 1 Singaraja)
Juara III I Putu Bagus Darma Saputra (SMAN 1 Negara)
Harapan I Kadek Parwati (SMAN Bali Mandara)
Harapan II Ni Wayan Eka Sukmawati (SMKN 1 Bangli)

“Ini merupakan kedua kalinya saya mengikuti lomba ini setelah sebelumnya pernah tidak lolos ke babak final, dan kali ini saya lolos. Sekitar sebulan saya mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba ini. Saya tidak tahu berbagai macam doa dan tidak pernah membuat sarana upacara namun dengan mengikuti lomba ini saya mulai mempelajarinya. Motivasi saya adalah untuk meraih prestasi dan setelah itu saya akan berusaha mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, ada pengalaman juga yang bisa saya bagikan dengan adik tingkat saya nantinya” cerita singkat  Desi sang juara. (Sanchi dan Laras)

Informasi Publik