HMJ PPKN, Rajut Kebhinekaan Melalui Sepekan Civic’s Generation

HMJ PPK FHIS Undiksha gelar MGS

Kebhinekaan menjadi perhatian serius Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Hal tersebut dikemas melalui acara Malam Gelar Seni (MGS) Sepekan Civic’s Generation di Auditorium Undiksha, Minggu (11/11/2018).

Acara menyambut HUT ke-55 Jurusan PPKN ini diisi berbagai macam pementasan. Ada musik, tari-tarian, maupun berbagai jenis kesenin yang dibawakan mahasiswa dari berbagai daerah. Acara ini menjadi pemersatu kebudayaan Indonesia. “Mahasiswa jurusan tak hanya dari Bali. Tetapi juga daerah lain, seperti NTT, NTB, Jawa dan Kalimantan. Kami majemuk dan multikultur. Melalui kegiatan ini, kami rajut kebhinekaan,” ungkap Ketua HMJ, I Putu Indra Artha Diantara.

Sebagai jurusan dengan mahasiswa tak terlalu banyak, kebhinekaan dan solidaritas telah dipupuk sejak awal. Hal tersebut diharapkan terus berlanjut. Demikian juga dengan civitas akademika Undiksha. “Kami berharap solidaritas tak hanya muncul saat acara ini. Tetapi bisa berlanjut,” sebutnya.

Ketua Panitia, Ni Putu Ayu Diah Lestari menjelaskan acara tahunan ini juga diisi lomba debat tingkat SMA/SMK se-Bali dan lomba cerdas cermat tingkat SMP se-Kabupaten Buleleng. Selain itu ada pula lomba pidato untuk pertama kalinya. Pesertanya tingkat SD/MI se-Kabupaten Buleleng. “Untuk pidato, kami rencanakan tetap ada untuk tahun selanjutnya. Sekarang baru perdana. Pesertanya sebelas orang,” jelasnya. (hms)

Informasi Publik