Hari Pahlawan, Mahasiswa Undiksha Ajak Bangkitkan Jiwa Nasionalisme

Mahasiswa Undiksha memperingati hari pahlawan

Ratusan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar apel dan tabur bunga di Makam Pahlawan Surastana, Singaraja, Sabtu (10/11/2018). Kegiatan tahunan itu untuk memperingati Hari Pahlawan. Diharapkan, jiwa nasionalisme, khususnya civitas akademika Undiksha bisa terus bangkit.

Presiden Mahasiswa Republik Mahasiswa Undiksha, Made Bayu Hendrawan mengatakan acara kali ini dikemas berbeda dari seblumnya. Yakni diisi long march dari kampus di Jalan Udayana, sekaligus berorasi yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga dan semakin menumbuhkan jiwa nasiionalisme. “Biasanya kami langsung kesini. Tetapi sekarang konsepnya beda. Jalan kaki dari kampus,” terangnya.

Disampaikan lebih lanjut, mahasiswa yang ikut merupakan perwakilan seluruh organisasi kemahasiswaan, mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa, UKM dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). “Ada ratusan orang yang ikut kegiatan ini,” sebutnya.

Sementara itu, Kabag Kemahasiswaan dan Humas Undiksha, Drs. I Ketut Surya Panca yang mengawakili Rektor menyampaikan Hari Pahlawan perlu dijadikan momentum untuk membangkitkan semangat perjuangan, layaknya yang dilakukan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. “Semangat rela berkorban para pejuang patut diteladani. Harus tumbuhkan sikap kepahlawanan, patriotiisme dan nasonalisme,” tegasnya. (hms)

Informasi Publik