Gelorakan Cinta Tanah Air, Menwa Undiksha Gelar LKPBN

Unit Kegiatan Mahasiswa Menwa B-920/Jayastambha Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar Lomba Kreativitas dan Pengetahuan Bela Negara (LKPBN) tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK se-Bali. Pembukannya berlangsung di GOR Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK), Sabtu (10/11/2018). Lomba yang ditutup, Minggu (11/11/2018) ini sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

Lomba ini serangkaian kegiatan HUT Menwa Ugracena Bali Satuan Batalyon Menwa B-920/Jayastambha ke-54. Ada tiga kegiatan inti yang dilaksanakan, yakni lomba kreativitas baris-berbaris, cerdas cermat, dan poster.

Pembina Yonmenwa, I Putu Gede Parma, S.St.Par.,M.Par., mengungkapkan kegiatan yang mengusung tema “Ciptakan Kreativitas Generasi Muda untuk Bela Negara” ini sebagai agenda rutin setiap tahun. “Ini tanggung jawab kami untuk turut serta membantu pemerintah bagiamana menyebarluaskan, mengetoklutarkan kepada generasi muda untuk nantinya sedari awal memiliki karakter cinta tanah air, cinta negara dan memiliki jiwa kepemimpinan,” ungkapnya didampingi Komandan Menwa, I Gede Guntur Juliana.

Disampaikan lebih lanjut, masyarakat Indonesia saat ini tengah dalam tekanan. Rasa cinta terhadap tanah air sudah mulai terkikis. Demikian juga dengan sikap sopan dan santun. Menyikapi hal tersebut, perlu ada suatu pembenahan karakter. Lomba yang dilaksanakan ini sebagai salah satu strategi. “Pengetahuan bela negara ini sangat penting untuk menumbuhkan cinta tanah air. Ini yang perlu terus digalakkan,” imbuhnya.

Kepala Badan Kesbangpolinmas Buleleng, I Komang Sumertajaya yang mewakili Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba ini. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Undiksha ini. Sangat cocok karena fakta bela negar masyarakat maupun kalangan sekolah sudah ada penurunan. Demikian iuga dengan kebanggaan terhadap negara yang sangat majemuk dan kaya ini,” sebutnya.

Diharapkan, kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahun. Pesertanya pun bisa diperluas, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. “Karena kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan cinta tanah air. Generasi kedepan sebagai agen pembangunan dan perubahan harus memelihara nlai-nilai kebangsaan, pendidikan kewarganegaraan dan bela negara harus terus dikumandangkan,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik