Page 31 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 31

ABK untuk sistem pendidikan inklusi di PAUD/TK ASI dan NBBS
                            adalah program penanganan anak autis dan “speech delay”. ABK
                            dalam  kategori  Autis  paling banyak  yang  ditangani  di  kedua
                            sekolah  tersebut,  sehingga  Bu  Dewi mengembangkan program
                            yang memadai agar anak-anak autis yang masuk di sekolah2 nya
                            bisa  ditangani  dengan  baik.  Program  yang  dibuat  meliputi
                            program  mulai  untuk  pembelajaran  pada  level  dasar  sampai
                            dengan level mampu mandiri.
                            Disamping  mengembangkan  program,  beberapa  instrument
                            terkait  penanganan  anak  berkebutuhan  khusus  juga  telah
                            berhasil  dikembangkan beserta  contoh-contoh  lembar  kegiatan
                            siswa dan instrument penilainnya.
                               Meskipun  pada  awalnya  Bu  Dewi  tidak  memiliki  latar
                            belakang  pendidikan  tentang  Pendidikan  Anak  Berkebutuhan
                            Khusus, tetapi pengalaman secara pribadi membuat dia merasa
                            yakin  dengan  program  yang  dibuatnya,  karena  didukung  oleh
                            beberapa hal berikut.
                              1)  Mendapatkan  partner  ahli  /praktisi  pendidikan  anak
                                  berkebutuhan  khusus  dari  manaca  negara  yang  sering
                                  melakukan  kegiatan  jadi  volunteer  di  lembaga  nya.  Foto
                                  berikut  adalah  ketika  workshop  tentang program  ABK
                                  dengan salah satu praktisi dari Australia.



























                              1)  Belajar  dari  sumber-sumber  materi  (diantaranya  dari
                                  seorang  sejawat  yang  menangani  bagian  tumbuh
                                  kembang anak di sebuah rumah sakit besar di Surabaya).
                              2)  Berkunjung  ke  sekolah  berkebuhan  khusus  yang  ada  di
                                  Surabaya, Malang dan juga yang ada di Melbourne untuk
                                  melihat  secara  langsung  tentang  penanganan  ABK  di
                                  sekolah-sekolah tersebut.
                                  Berdasarkan  pengembangan  professional  yang  telah
                                  dilakukan  dan secara  berkelanjutan  melakukan  konsultasi




                                                      27
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36