Page 31 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 31
ABK untuk sistem pendidikan inklusi di PAUD/TK ASI dan NBBS
adalah program penanganan anak autis dan “speech delay”. ABK
dalam kategori Autis paling banyak yang ditangani di kedua
sekolah tersebut, sehingga Bu Dewi mengembangkan program
yang memadai agar anak-anak autis yang masuk di sekolah2 nya
bisa ditangani dengan baik. Program yang dibuat meliputi
program mulai untuk pembelajaran pada level dasar sampai
dengan level mampu mandiri.
Disamping mengembangkan program, beberapa instrument
terkait penanganan anak berkebutuhan khusus juga telah
berhasil dikembangkan beserta contoh-contoh lembar kegiatan
siswa dan instrument penilainnya.
Meskipun pada awalnya Bu Dewi tidak memiliki latar
belakang pendidikan tentang Pendidikan Anak Berkebutuhan
Khusus, tetapi pengalaman secara pribadi membuat dia merasa
yakin dengan program yang dibuatnya, karena didukung oleh
beberapa hal berikut.
1) Mendapatkan partner ahli /praktisi pendidikan anak
berkebutuhan khusus dari manaca negara yang sering
melakukan kegiatan jadi volunteer di lembaga nya. Foto
berikut adalah ketika workshop tentang program ABK
dengan salah satu praktisi dari Australia.
1) Belajar dari sumber-sumber materi (diantaranya dari
seorang sejawat yang menangani bagian tumbuh
kembang anak di sebuah rumah sakit besar di Surabaya).
2) Berkunjung ke sekolah berkebuhan khusus yang ada di
Surabaya, Malang dan juga yang ada di Melbourne untuk
melihat secara langsung tentang penanganan ABK di
sekolah-sekolah tersebut.
Berdasarkan pengembangan professional yang telah
dilakukan dan secara berkelanjutan melakukan konsultasi
27