Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Visi :

Menjadi program studi yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologidalam rangka meningkatkan kontribusi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dan kemitraan yang saling menguntungkan berdasarkan nota kesepahaman Undiksha dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga pendidik bidang Bahasa dan Sastra Indonesia yang professional, penuh tanggung jawab, berdaya saing tinggi, andal, dan fleksibel dalam persaingan global.
  2. Menghasilkan tenaga peneliti yang berkualitas, profesional, dan berdaya saing di tingkat nasional dan global dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan sumber daya manusia yang dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakatberdasarkan kebutuhan masyarakat, bidang ilmu yang dikaji, dan potensi yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Mengasilkan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan berdasarkan nota kesepahaman Undiksha dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  5. Menghasilkan tenaga ahli di bidang jurnalistik dan pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang berdaya saing tinggi.

Profil Lulusan

  1. Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia
    Pendidik, fasilitator, dan instruktur yang mendidik dengan penguasaan bahasa dan satra Indonesia dan pedagogik yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Peneliti Bahasa dan Sastra Indonesia
    Peneliti pemula dalam masalah-masalah pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan melakukan publikasi dalam berbagai forum ilmiah.
  3. Pengajar BIPA
    Pengajar dan pengelola program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).
  4. Jurnalis
    Penulis, wartawan, penyiar, dan pengelola media massa baik cetak, elektronik, maupun online.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Indonesia