“Your Gift Box”, Usaha Kekinian Rintisan Mahasiswa Undiksha

Titus Silvi Sadewi (kiri) dan Putu Cintya Wirda

Singaraja- Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember tidak hanya dijadikan momen untuk mengungkapkan rasa cinta oleh anak kepada ibu yang telah melahirkan, merawat, dan membimbing. Tidak sedikit anak yang memberikan kado istimewa. Momen ini rupanya menjadi inspirasi mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk merintis usaha di bidang  “gift”. Pada mulanya, salah satu pemilik usaha ini, Titus Silvi Sadewi, mahasiswa program studi S1 Akuntansi merasa sangat kebingungan mencari hadiah untuk sang ibu di daerah sekitar rumahnya. Tidak ada hal menarik yang bisa dijadikan sebagai hadiah. Kebingungannya ini pada akhirnya memacu kreativitasnya untuk membuat usaha giftbox. Menjalankan usaha ini dilakukan dengan menggandeng salah satu sahabatnya, Putu Cintya Wirda. Sama-sama berasal dari keluarga yang berkecukupan, mereka merasa sangat senang karena akhirnya menemukan ide bisnis ini setelah sekian lama sangat ingin mulai berwirausaha demi menunjang keuangan sehari-hari.

Usaha yang diberi nama Your Gift Box ini mulai dijalankan pada Desember tahun 2021. Tanpa pusing memikirkan modal, keduanya mulai membuka pesanan spesial untuk Hari Ibu. Cukup dengan iuran uang pribadi masing-masing, semua kebutuhan perlengkapan pesanan dapat terpenuhi. Sesuai dengan namanya, usaha ini memiliki produk pertama berupa kotak kado yang isinya sesuai dengan apa yang konsumen inginkan. Kotak kemudian dihias sedemikian rupa hingga terlihat sangat menarik. Di dalamnya berisikan mini dry flower bucket buatan mereka sendiri yang akan lebih mempercantik kotak kado tersebut.

Dalam setiap usaha, selain kreativitas, inovasi juga sangat diperlukan. Begitu pula dengan usaha kecil-kecilan milik dua mahasiswi semester akhir ini. Usaha yang awalnya hanya berfokus pada kado perayaan Hari Ibu, kini sudah memiliki beragam produk lainnya yang menjadikan mahasiswa sebagai sasaran utamanya. Inovasi ini muncul dari melihat tren mahasiswa masa kini yang kerap memberi hadiah untuk kerabatnya yang sukses menuntaskan ujian akhir sebagai ucapan selamat. Terlebih lagi dengan banyaknya perguruan tinggi yang tersebar di Kota Singaraja, membuat ide mereka ini semakin berpotensi diminati. Produk tersebut, yakni mini acrylic dan medali custom.

Menurut Cintya Wirda atau yang akrab disapa Tiya, dua produk ini masih terbilang langka khususnya di Singaraja. “Seperti yang kita lihat, di bulan-bulan tertentu banyak mahasiswa yang menyelesaikan ujian skripsi. Jadi, ada peluang besar yang bisa kami manfaatkan. Kalau buket bunga kan sudah biasa, dan sudah banyak juga penjualnya. Disini kami ingin menyediakan sesuatu yang menarik dan unik sehingga nantinya akan berbeda dari yang lain.” jelasnya.

Berbekal semangat tinggi, promosi terus digencarkan. Pemanfaatan media sosial Instagram (@yourgiftbox.sgr), buah tangan kreatif mereka banyak disajikan. Tak jarang juga mereka mengadakan giveaway agar usaha ini semakin dilirik dan dikenal masyarakat. Keinginan besar untuk berwirausaha sejak usia muda membuat mereka tak pernah merasa lelah meski harus mengerjakan pesanan sembari menuntaskan tugas akhirnya. Silvi menekankan, selagi ada kemauan dibarengi dengan manajemen waktu yang tepat, tidak ada satu hal pun yang akan terganggu. “Yang pasti kuliah dan skripsi itu tetap diutamakan. Pada semester sebelumnya, jika ada kuliah pagi, berarti pesanan kita kerjakan sore. Begitu pula sebaliknya. Sekarang, kan kami tinggal menyusun skripsi saja, sudah tidak ada perkuliahan di kelas, jadi kami bagi waktu, pagi kami gunakan sebagai waktu untuk mengerjakan pesanan, sore sampai malamnya untuk fokus ke skripsi.” ujarnya.

Kedepannya, dua mahasiswi asal Banyuning ini berharap usahanya bisa meluas. Produk jenis baru tengah dipikirkan guna menambah varian gift yang tersedia. Mereka pun berencana untuk memasarkan produknya di beberapa marketplace suatu saat nanti. (hms)

Informasi Publik