Undiksha Luncurkan Naskah Akademik Program Internationalization at Home

Ketua Tim Internationalization at Home menyerahkan Buku Pedoman Naskah Akademik kepada Rektor Undiksha

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) telah mencanangkan program internationazation sejak tahun 2019. Menyukseskan program tersebut, telah disiapkan naska akademik. Naska itu telah diserahkan tim kepada Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd di Ruang Ganesha II Rektorat, Kamis (27/2/2020).

Ketua tim, Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd., menjelaskan naskah akademik itu disusun pada tahun 2019, yang didalamnya mengakomodir ide dan gagasan anggota tim maupun masukan dari luar. “Saya mengapresiasi dedikasi dan pemikirannya seluruh tim beserta dukungan dari pimpinan Undiksha sehingga buku pedoman berupa naskah akademik ini dapat terselesaikan tepat waktu,” jelasnya.

Naskah tersebut berisi tentang indikator dan target capaian dalam pelaksanaan program. “Beberapa indikator didalam buku ini adalah target capaian program di Undiksha untuk aktivitas internasional, seperti visiting professor, visiting lecture, international activities, seperti regular program, credit earning, joint research dan joint publication,” ungkapnya, seraya mengaharapkan target yang sudah dirumuskan ini sudah bisa direalisasikan oleh di tahun 2020.

Rektor Jampel mengharapkan buku ini bisa sebagai pedoman penyelenggaraan internationalization at home, sehingga Undiksha bisa menjadi rumah belajar bagi mahasiswa dunia. “Dengan buku kita siap mewujudkan Undiksha sebagai universitas yang go international dengan memperkenalkan potensi yang dimiliki Undiksha pada masyarakat internasional,” ungkapnya.

Ia menegaskan program internationalization at home sangat penting dalam rangka menyiapkan Undiksha menjadi universitas unggul di Asia bahkan dunia. “Melalui pemikiran timi ini, maka Undiksha dapat mendesain program dalam upaya meningkatkan interaksi lintas budaya. Secara tidak langsung berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan inovasi di bidang akademik dan non akademik di Undiksha”, tutupnya. (hms)

Informasi Publik