Torehkan Prestasi, Undiksha Berikan Penghargaan Bagi Mahasiswa dan Dosen

Undiksha memberikan penghargaan bagi mahasiswa dan dosen berprestasi, Jumat (24/7/2020).

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memberikan penghargaan kepada seratusan mahasiswa dan belasan dosen, Jumat (24/7/2020). Penghargaan tersebut sebagai apresiasi atas prestasi bidang minat, bakat dan penalaran  di tingkat nasional dan internasional yang diraih pada tahun 2019.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd mengatakan saat ini universitas besutannya ditargetkan berada pada ranking 20 nasional untuk pemeringkatan kinerja kemahasiswaan. Dalam hal ini, harus bersaing dengan 132 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan sekitar 4000 lebih Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pemeringkatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu institusi yang berbanding lurus dengan peningkatan mutu lulusannya. “Dengan prestasi yang mahasiswa telah raih di tahun 2019, saya sangat optimis bahwa impian ini akan tercapai. Begitu juga dengan prestasi dosen, saya sangat bangga,” ujarnya didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.TI., dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Hubungan Masyarakat, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd.

Rektorat akan terus memacu serta memotivasi mahasiswa dan dosen untuk terus berkarya sesuai bidang akademisnya sehingga Undiksha tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi lain secara nasional. “Saya yakin bahwa kualitas para mahasiswa kita tidak kalah dengan mahasiswa-mahasiswa universitas besar lainnya. Kita adalah setara, jangan pernah malu untuk menjadi mahasiswa Undiksha, jangan pernah malu untuk menjadi bagian dari Undiksha,” tegasnya.

Langkah pembinaan dipastikan terus dilakukan bagi anggota civitas Undiksha yang terus memiliki prestasi. Bahkan, pihak rektorat akan memberikan kebijakan secara khusus bagi mahasiswa yang berprestasi dalam ajang Pimnas (Pekan Ilmiah mahasiswa Nasional). “Ini sebagai pengakuan kredit kepada mahasiswa yang lolos dan berprestasi di Pimnas, kan hebat. Misalnya berprestasi dalam bidang statistik atau metodologi penelitian maka sudah langsung mendapatkan nilai A. Karena dia sejak awal sudah mempersiapkan diri baik untuk kompetisi dan mendapatkan prestasi,” terangnya.

Menggenjot prestasi, Rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini juga mengajak para dosen untuk terus melakukan regenerasi, untuk terus memotivasi dan membimbing mahasiswa. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Warek III dan tim yang telah menginisiasi kegiatan ini, dan saya mohon untuk terus dilakukan setiap tahunnya. Marilah kita terus berkolaborasi, bekerja sama, bekerja keras, iklas, cerdas, dan produktif untuk meraih prestasi setinggi-tingginya untuk menjadikan Undiksha sebagai universitas unggul dan berdaya saing,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa Lukas Norman Kbarek sangat mengapresiasi penghargaan ini. Hal tersebut dinilai sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat berprestasi yang tidak hanya untuk dirinya, namun juga mahasiswa lain, terlebih yang masih berada di semester muda. “Tentu ini hal yang luar biasa bagi saya karena Undiksha memberikan sebuah perhatian,” katanya. 

Mahasiswa asal Papua yang memilih Prodi Ilmu Hukum ini juga merasakan semangat berprestasi mahasiswa tidak dapat dilepaskan dari dukungan para dosen dan juga pimpinan universitas. Hal ini diharapkan dapat terus berlanjut, sehingga Undiksha semakin berdaya saing. “Saya sangat bangga menjadi bagian Undiksha. Saya yang dapat beasiswa Afirmasi mendapatkan banyak pengalaman disini. Termasuk dalam mengejar prestasi,” tuturnya. (hms)

Informasi Publik