parallax background

Prestasi dan Capaian

Universitas Pendidikan Ganesha terus meningkatkan kualitas lembaga sehingga mampu bersaing tak hanya nasional, melainkan internasional. Melalui upaya tersebut, saat ini Undiksha berhasil menorehkan capaian kinerja yang positif dan membanggakan. Langkah Undiksha untuk meningkatkan kualitas terus berlanjut. Penguatan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi terus dilakukan, demikian juga dengan akreditasi dan peningkatan kualitas sumber daya. Hal ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah student body.

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sebagai perguruan tinggi negeri unggul senantiasa berjuang untuk dapat segera mewujudkan visi-nya. Perjuangan Undiksha membuahkan hasil dengan menorehkan berbagai prestasi dalam proses pengukuran kinerja perguruan tinggi. Beragam prestasi dan hibah kompetisi juga berhasil dimenangkan oleh sivitas akademika Undiksha. Semua torehan tersebut tentu tidak lepas dari kerja keras dan kerja cerdas seluruh sivitas akademik Undiksha. Hal ini merupakan wujud nyata komitmen semua sivitas dalam bekerja dengan kebersamaan untuk mewujudkan visi Undiksha. Peringkat dan penghargaan bukan merupakan tujuan utama bagi Undiksha, tetapi yang terpenting adalah bagaiamana proses yang dilalui untuk selalu meningkatkan kualitas mutu kinerja bersama. Berikut adalah beberapa torehan prestasi Undiksha

Universitas Terakreditasi Unggul (A) BAN-PT

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Kamis (21/2) secara resmi mengeluarkan hasil akreditasi lembaga Universitas Pendidikan Ganesha dengan status A. Keputusan menggembirakan seluruh civitas akademika itu tersurat dalam keputusan BAN-PT No.26/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2019. Pencanangan akreditasi sudah dilakukan pada 2016 dan menjadi komitmen civitas akademika. Capaian akreditasi merupakan peningkatan prestasi dan kinerja seluruh elemen universitas selama ini, sehingga lembaga yang dulunya hanya terakreditasi B, dapat meningkat dengan capaian A tahun ini.

 

Perpustakaan Terakreditasi Unggul (A)  oleh Perpustakaan Nasional

Berdasarkan evaluasi oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan, berdasarkan Sertifikat Nomor : 00061/LAP.PT/X.2018 ditetapkan Perpustakaan Undiksha berhasil meraih Akreditasi A. Sertifikat berlaku mulai tanggal 15 Oktober 2018 sampai dengan 15 Oktober 2023.

 

20 Universitas Terbaik Indonesia Versi Scimago Institutions Rankings (SIR)

Salah satu pengakuan internasional juga diperoleh Undiksha yang diberikan oleh lembaga internasional Scimago. Scimago Institutions Rankings (SIR) adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator yang berbeda, yakni berdasarkan kinerja penelitian (bobot 50 persen), hasil inovasi (bobot 30 persen), dan dampak sosial (bobot 20 persen) yang diukur dengan visibilitas web. Untuk kinerja riset, penilaian SIR mencakup jumlah jurnal, kolaborasi internasional, keterbukaan akses, dan jumlah publikasi berkualitas yang banyak mendapatkan sitasi publik. Untuk pengukuran inovasi, penilaiannya meliputi jumlah publikasi yang disitasi dalam paten dan jumlah aplikasi paten yang dihasilkan. Sedangkan untuk penilaian dampak sosial diukur dari jumlah mention publikasi melalui berbagai platform media sosial serta jumlah kunjungan ke website atau situs institusi.

Universitas Pendidikan Ganesha menempati peringkat tiga (ranking inovasi) dan secara keseluruhan meraih peringkat sebelas Research and Innovation Ranking berdasarkan data yang dirilis oleh Scimago Institutions Rankings (SIR). Hasil ranking perguruan tinggi teratas versi The SCImago Institutions Rankings (SIR), telah dirilis Kamis (22/4/2021) lalu. Berdasarkan hasil SIR, Undiksha meraih 50th Overall percentile, 21st Research percentile, 82nd Innovation percentile dan 93rd Societal percentile. Atas angka tersebut, Undiksha berada di posisi 11 se-Indonesia dan posisi 521 dunia.

 

Webometrics

Webometrics merupakan pemeringkatan web universitas di dunia, pada bulan Juli 2021 Undiksha berada pada peringkat 56 di Indonesia. Sedangkan pada tingkat Dunia, berada pada peringkat 4580.

 

4ICU (4 International Colleges & Universities)

4ICU adalah suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Komponen penilaian yang digunakan 4ICU adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Berdasarkan lembaga pemeringkatan website universitas dunia 4ICU, pada tahun 2021 Undiksha berada pada peringkat 66 Top Universities in Indonesia.

 

Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Dalam hal keterbukaan informasi publik, Undiksha telah memperoleh penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia.

 

Sepuluh Besar Penghargaaan Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri

Dalam rangka pengukuran kinerja utama bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi telah menyelenggarakan pengukuran Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri tahun 2020/2021 sekaligus menetapkan penghargaan Capaian IKU PTN yang menjadi alat ukur kinerja baru bagi Perguruan Tinggi yang dinilai berdasarkan 8 (delapan) indikator.

Dalam penilaian IKU PTN-BLU, Undiksha menduduki peringkat ke- 7 dari 33 Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) untuk tahun 2020/2021 sekaligus mendapatkan penghargaan atas capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan jumlah poin pencapaian 55, poin pertumbuhan 1066. Selain itu, Undiksha juga berhasil mendapatkan prestasi yang membanggakan berupa penghargaan IKU untuk keunggulan di IKU 5, yaitu jumlah luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen yang memperoleh rekognisi internasioal atau diterapkan oleh masyarakat. Berdasarkan capaian kinerja berbasis IKU ini, Undiksha mendapatkan insentif BOPTN sebesar 4 Miliar Rupiah.

 

Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). Raihan opini tersebut merupakan kali keempat secara beruntun sejak 2016. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau unqualified opinion​: Menyatakan bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

 

Tiga Besar Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) Liga 2

Undiksha berhasil naik peringkat dalam Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) tahun 2021. Perguruan tinggi terakreditasi unggul ini berada di rangking 13 nasional atau naik sepuluh tingkat dari sebelumnya yang berada di ranking 23. Undiksha juga memperoleh prestasi yang sangat membanggakan dengan berada pada ranking 3 di Liga 2 atau kelompok perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa aktif 5000 sampai dengan 18.000.

 

LPTK Cup X UNJ 2021

Torehan prestasi pada bidang olahraga juga diperoleh Undiksha seperti pada ajang LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) Cup X UNJ 2021 di cabang olahraga tenis. Pada ajang kompetisi olahraga bergengsi ini, Undiksha berhasil menjadi juara pada kategori eksekutif B. Sementara pada kelas beregu prestasi, Undiksha bertengger sebagai Runner Up. Prestasi yang membanggakan pada LPTK Cup ini tidak terlepas dari kerja keras dan kekompakan tim tenis Undiksha dan dukungan seluruh sivitas Undiksha.

 

Memenangkan Berbagai Hibah Kementerian

Berbagai hibah dengan skema kompetisi dikeluarkan oleh kementerian bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi dalam mempercepat kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta mencapai Indikator Kerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Salah satu hibah kompetisi paling bergensi yang berhasil dimenangkan oleh Undiksha adalah Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Hibah ini merupakan program kompetisi terbuka dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system). Setelah melalui tahapan seleksi ketat yang dimulai evaluasi administratif, evaluasi kelayakan sertai kualitas proposal, sampai pada tahap visitasi daring, Undiksha berhasil memenangkan hibah PK-KM ini melalui Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dengan total dana hibah senilai Rp 4,3 Miliar.

Selain hibah PK-KM, berbagai hibah juga berhasil diperoleh Undiksha, antara lain :

  1. Hibah Pengembangan dan Penyelenggaraan Inovasi Pembelajaran Digital (IPD) yang diperoleh oleh Program Studi S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Teknik Informatika, dan S1Teknologi Pendidikan.
  2. Hibah Pengembagan Inovasi Modul Digital (IMD) yang diperoleh oleh Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.
  3. Hibah Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diperoleh oleh Program Studi S1 Akuntansi, S1 Pendidikan Bahasa Jepang, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan S1 Pendidikan Teknik Mesin.
  4. Hibah Model Center of Excellence (CoE) yang diperoleh oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika
  5. Hibah Modul Digital Pendidikan Vokasi yang diperoleh oleh Program Studi D3 Manajemen Informatika dan Program Studi D3 Teknik Elektronika
  6. Hibah Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI)
  7. Hibah Program International Credit Transfer (ICT), bekerjasama dengan ITC dan MMSU