Tawarkan Biaya Merakyat, Undiksha Komit Dukung Pemerintah Tingkatkan Kualitas SDM

Rektor Undiksha menyerahkan secara simbolis bantuan alat tulis pada acara pemberangkatan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Mobile Yoinif Rider 900/SBW di wilayah Papua, Rabu (27/5/2020).

Singaraja– Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) komit untuk mendukung pemerintah dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui pendidikan. Demikian disampaikan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., usai penyerahan secara simbolis bantuan alat tulis pada acara pemberangkatan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Mobile Yoinif Rider 900/SBW di wilayah Papua, Rabu (27/5/2020).

Rektor Jampel menjelaskan komitmen tersebut ditunjukkan dengan kesiapan Undiksha dalam melaksanakan program yang digulirkan pemerintah, seperti program Afirmasi dan Program Adik Papua yang setiap tahun. Selain itu Undiksha juga menawarkan biaya pendidikan merakyat sehingga bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat. “Undiksha siap menerima mahasiswa yang ikut program pemerintah sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, peningkatan kualitas SDM memang menjadi kewajiban perguruan tinggi melalui Tri Dharmanya, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sementara itu, khusus untuk penyerahan bantuan alat tulis, disampaikan sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan pendidikan masyarakat Papua. “Memang bantuan yang kita salurkan tidak banyak. Tetapi kami berharap ini bisa bermanfaat untuk masyarakat disana. Instansi lain juga turut memberikan,” jelasnya.

Sebagai perguruan tinggi, di masa pandemi Covid-19 ini, Undiksha juga menyelenggarakan program berbagi berupa kuliah online yang melibatkan dosen sebagai narasumber dan membawakan berbagai topik. Melalui program ini, diharapkan masyarakat dapat tetap menikmati pendidikan. (hms)

Informasi Publik