Serangkaian HUT, S2 Ilmu Manajemen Undiksha Laksanakan Penghijauan dan Baksos

Prodi S2 Ilmu Manajemen Undiksha menanam pohon di Hutan Desa Wanagiri.

Singaraja- Serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) pertama, Program Studi S2 Ilmu Manajemen Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melaksanakan penghijauan dan bakti sosial yang menyasar dua desa.

Penghijauan dilaksanakan di Hutan Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng pada 9 Mei 2021. Hutan tersebut dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dan juga masyarakat. Pohon yang ditanam berupa manggis dan jambu. Diharapkan nantinya dapat menopang perekonomian masyarakat dan desa.

Ketua BUMDes, Made Darsana mengatakan Desa Wanagiri sebagai kawasan hulu Kabupaten Buleleng memiliki peran yang sangat vital sebagai daerah sumber air. Atas hal tersebut, kegiatan penghijauan ini dinilai sebagai langkah yang tepat dalam rangka konservasi lingkungan. “Sebagai daerah hulu dan sumber air, penanaman pohon memang perlu dilakukan,” katanya.
Ia pun menilai penanaman tanaman buah sebagai upaya untuk mengembangkan fungsi hutan desa yang juga sebagai sumber penopang ekonomi masyarakat. Sementara itu, untuk bantuan sosial disalurkan di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng pada 7 Mei 2021. Bantuan terdiri atas kursi dan bak sampah sebagai pendukung pengembangan desa wisata.

Koordinator Program Studi S2 Ilmu Manajemen Pascasarjana Undiksha, Putu Indah Rahmawati, Ph.D mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk bidang pengabdian kepada masyarakat. Selan itu juga implementasi falsafah Tri Hita Karana dalam hal palemahan, yaitu menjalin hubungan baik dengan lingkungan. Falsafah ini juga menjadi landasan dalam mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul di Asia pada tahun 2045. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat maupun kelestarian lingkungan desa wisata.

Kegiatan pengabdian menjadi program yang dilaksanakan Prodi S2 Manajemen Undiksha secara berkelanjutan setiap tahun. Kegiatan yang dirancang tidak hanya berupa baksos, tetapi juga pelatihan kepemimpinan untuk generasi muda dengan tujuan untuk membentuk sumber daya manusia unggul. (hms)

Informasi Publik
Indonesia