Sambut Dies Natalis ke-29, Undiksha Siap Mendukung Mewujudkan Indonesia Tangguh

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menyambut Dies Natalis ke-29. Pembukaannya berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tenis Indoor Kampus Jinengdalem, Jumat (7/1/2022). Civitas akademika diajak menjadikan momentum ini sebagai penyemangat dalam mewujudkan Undiksha Unggul untuk Indonesia Tangguh. Demikian ditegaskan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., dalam sambutannya yang didampingi para Wakil Rektor.

Disampaikan, sepanjang tahun 2021, Undiksha telah berhasil meraih berbagai prestasi. Dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) Undiksha berada di peringkat ke-13 nasional dan peringkat ke-7 khusus untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU). Pada Sistem Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) berada di peringkat ke-13 nasional, naik sepuluh tingkat dari tahun 2020 yang berada di peringkat ke-23. Tidak hanya itu, universitas terakreditasi unggul ini juga masuk 20 besar universitas terbaik Indonesia versi Scimago Institution Ranking, dan memenangkan berbagai hibah nasional terkait dengan pengembangan pembelajaran.

Disamping itu, mahasiswa Undiksha juga banyak yang menorehkan prestasi tingkat nasional dan internasional. Prestasi tersebut seperti inovasi, teknologi, karya tulis ilmiah, seni budaya, dan olahraga.

Rektor Undiksha, I Nyoman Jampel memberikan apresiasi atas berbagai capaian tersebut. Menurutnya itu merupakan hasil kerja bersama seluruh civitas akademika. Di Usia Undiksha ke-29 ini, ditegaskan Undiksha terus berpacu meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Demikian juga dengan kegiatan internasionalisasi tetap menjadi perhatian serius. Program-program itu tidak lain sebagai upaya untuk mempercepat mewujudkan visi Undiksha “Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045”, maupun menjadikan Undiksha unggul dalam rangka mendukung terwujudkan Indonesia tangguh dan menjadi trend setter serta perguruan tinggi bereputasi internasional.

Rektor yang sempat menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha ini menyampaikan dalam rangka mewujudkan target-target tersebut, mesti didukung seluruh civitas akademika dengan berlandaskan kebersamaan dan keharmonisan yang terbingkai ke dalam Tri Hita Karana.

Ketua Panitia, Dr. Putu Aditya Antara, M.Pd., menyampaikan dies natalis kali ini berlangsung secara luring dan daring. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan guna mencegah penyebaran Covid-19. Terdapat berbagai lomba yang diadakan, mulai dari olahraga, karya ilmiah, debat, dan seni budaya dengan peserta dari masing-masing fakultas. “Untuk lomba, yang luring hanya peserta. Untuk penonton menyaksikan lewat daring,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, pada rangkaian dies natalis ini juga diisi dengan pengukuhan empat guru besar atau professor pada 12 Januari 2022. Ia yang juga sebagai Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha mengharapkan dies natalis ini dapat menjadi ajang untuk membangun sportivitas, membangun semangat berkarya, dan membangun kebersamaan civitas akademika. (hms)

Informasi Publik