Pentaskan Gong Kebyar dan Tari Kreasi, Undiksha Turut Meriahkan PKB 2021

Singaraja- Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2021 direncanakan berlangsung pada bulan Juni sampai Juli secara virtual. Pada acara tahunan ini, Universitas Pendidikan Ganesha turut berpartisipasi yang diwakili oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian daerah (UKM-Kesda). Guna menampilkan karya terbaik, pembinaan dilakukan oleh Dinas Kabudayaan Provinsi Bali, Sabtu (8/5/2021).

Pada PKB kali ini, Undiksha akan mementaskan Gong Kebyar dan dua tari kreasi. Analis Kesenian dan Budaya Daerah Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arum Gunawan memberikan apresiasi atas partisipasi Undiksha ini. Hal tersebut dinilai sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian budaya Bali. Pada pembinaan ini, ia menilai persiapan yang dilakukan UKM Kesda Undiksha sudah sangat baik. Meski demikian, persiapan diharapkan dapat terus dimantapkan dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan Covid-19. “Karena kita masih dalam kondisi pandemi seperti ini. Mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan, kesuksesan, hingga nantinya bisa tampil dengan maksimal saat pagelaran di Taman Budaya Art Center Denpasar,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, PKB kali ini berlangsung secara virtual karena masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. Masyarakat hanya dapat menyaksikan berbagai pertunjukan melalui jaringan televisi. “Jadi kita membatasi jumlah penonton untuk mengurangi kerumunan. Namun, kualitas penyelenggaraan PKB tahun ini akan kami jamin tetap seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., juga memberikan apresiasi atas kepercayaan dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang  memberikan kesempatan bagi UKM Kesda Undiksha untuk turut menampilkan karya seni. “Ini sangat kita apresiasi dan kita dukung untuk segala sesuatunya, dari anggaran dan fasilitas,” katanya. Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, Undiksha juga telah melakukan vaksinasi kepada seluruh peserta yang akan tampil. “Ini sudah kita siapkan, kita mintakan vaksin ke kabupaten dan sudah disiapkan pada tanggal 11 Mei 2021,” imbuhnya.

Pembina Duta Gong Kebyar UKM Kesda Undiksha, Nyoman Sugita Rupiana menyatakan terus memaksimalkan pembinaan untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, sehingga nantinya mampu memberikan yang terbaik untuk Undiksha. Keikutsertaan Undiksha pada ajang ini diharapkan mendapat dukungan dari seluruh sivitas akademika. Demikian juga halnya untuk keikutsertaan pada ajang atau kompetisi lainnya. (hms)

Informasi Publik
Indonesia