Panduan Cek Pengumuman SNMPTN 2018 Secara Online

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diumumkan pada hari ini, Selasa (17/4/2018) dan peserta bisa mengakses langsung hasil diterima atau tidaknya di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id/ pada pukul 17.00 WIB.

Untuk peserta SNMPTN yang merasa kebingungan bagaimana melihat pengumuman SNMPTN, tidak perli khawatir. Berikut adalah tata cara atau tahapan melihat pengumuman hasil SNMPTN 2018 secara online:

  1. Peserta membuka laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id
  2. Kemudian peserta memasukkan nomor pendaftaran atau NISN di dalam kolom
  3. Masukan tanggal lahir di kolom selanjutnya
  4. Setelah memasukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir, peserta klik tombol “Lihat Hasil Seleksi
  5. Selanjutnya akan muncul keterangan kelulusan SNMPTN, apakah anda dinyatakan diterima atau tidak di PTN.

Selain pada halaman resmi SNMPTN, pengumuman juga dapat dilihat di website PTN masing-masing atau bisa juga dilihat pada laman mirror di 12 PTN sebagai berikut:

1. http://snmptn.unsri.ac.id 
2. http://snmptn.ui.ac.id 
3. http://snmptn.ipb.ac.id 
4. http://snmptn.itb.ac.id 
5. http://snmptn.undip.ac.id 
6. http://snmptn.ugm.ac.id 
7. http://snmptn.its.ac.id 
8. http://snmptn.unair.ac.id 
9. http://snmptn.untan.ac.id 
10. http://snmptn.unhas.ac.id
11. http://snmptn.unand.ac.id
12. http://snmptn.unsyiah.ac.id

Pada pelaksanaan tahun ini, skema seleksi SNMPTN 2018 sebenarnya tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Khusus untuk calon mahasiswa undiksha, pengumuman hasil seleksi dan prosedur daftar kembali juga akan di umumkan pada website resmi Universitas Pendidikan Ganesha di https://undiksha.ac.id sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sedangkan untuk proses daftar kembali peserta lolos SNMPTN akan melakukan daftar kembali pada halaman website http://daftarkembali.undiksha.ac.id.

Ketua Panitia SNMPTN, Prof Ravik Karsidi menjelaskan proses seleksi mahasiswa baru pada 85 PTN tetap akan melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.  Seleksi SNMPTN tetap berdasar hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa. Data prestasi akademik siswa itu bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Mengenai kuota penerimaan mahasiswa baru melalui masing-masing jalur seleksi, persentasenya tidak ditetapkan secara pasti melainkan hanya batas minimalnya. Untuk setiap jalur seleksi, minimal menerima 30 persen dari seluruh kuota mahasiswa baru di setiap PTN.

Tahun ini, panitia SNMPTN menargetkan ada 800.000 siswa yang akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi ini. Pendaftaran seleksi ini gratis. Penerimaan calon mahasiswa baru melalui SNMPTN 2018 juga mempertimbangkan level akreditasi sekolah asal pendaftar yang menyetor data ke PDSS.

Informasi Publik
Indonesia