P2M, BEM FHIS Undiksha Sasar Desa Galungan

BEM FHIS Undiksha menggelar P2M di Desa Galungan.

Singaraja- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (BEM-FHIS) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (P2M), Sabtu (28/11/2020). Kegiatan ini menyasar Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Pelaksanaannya mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.

Ketua Panitia Kadek Dwi Surya Aditya mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui ini pula, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan rasa sosial terhadap kondisi masyarakat perdesaan, salah satunya dari segi kebutuhan ekonomi. “Dengan kegiatan ini diharapkan dapat tercipta masyarakat yang peduli dengan sesama. Dari ini juga muncul kita dapat berdiskusi terkait transformasi pendidikan,” ungkapnya.

Program ini diisi dengan aksi bersih-bersih di beberapa titik di Desa Galungan, yakni Pura Desa, Pura Puseh, dan Tugu Pahlawan. Selain itu juga ada pemasangan wastafel di areal Kantor Desa maupun pembagian sembako kepada 40 Kepala Keluarga. “Kami berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat untuk desa maupun masyarakat,” imbuhnya.

Kegiatan yang mengusung tema “Covid doesn’t mean kill sociality” ini dibuka oleh Wakil Dekan III FHIS, I Putu Ananda Citra, S.Pd.,M.Sc. Ia mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena juga sejalan dengan falsafah Tri Hita Karana yang menjadi landasan dalam mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul di Asia pada tahun 2045. “Kegiatan seperti ini memang relevan untuk dilaksanakan. Apalagi saat ini cukup banyak warga yang terdampak pandemi Covid-19,” ucapnya.

Tanggapan positif juga datang dari Perbekel Desa Galungan I Nyoman Suksema. Program penyaluran sembako dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. “Kami mengapresiasi pelaksanaan progam ini. Bagi kami, ini sangat bermanfaat,” pungkasnya. (rls)

Informasi Publik