Lomba Esai Nasional: Inovasi Konseling Elektronik, Mahasiswa Undiksha Raih Juara I

Putu Wia Rosita Dewi

Singaraja- Kabar membanggakan datang dari mahasiswa Undiksha. Kali ini dari ajang Lomba Scientific Essay Competition tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Tahun 2021. Dalam lomba yang diselenggarakan pada  9 Maret – 5 Mei 2021 tersebut, perwakilan Undiksha, Putu Wia Rosita Dewi berhasil meraih juara I. Mahasiswa Jurusan Matematika ini menampilkan gagasan inovatif mengenai sistem konseling elektronik guna mewadahi keluhan yang dialami mahasiswa di masa pandemi covid-19. “Saat situasi seperti ini, muncul kasus mahasiswa yang stres akibat permasalahan belajar online, dimana mahasiswa merasakan penurunan nilai, tidak mengerti dengan materi, dosen yang kurang komunikatif kepada mahasiswa serta permasalahan lain. Ada juga timbulnya rasa setres karena lingkungan mahasiswa, seperti masalah ekonomi yang terdampak covid, masalah kesehatan, masalah keluarga hingga masalah pribadi seperti pencintaan,” ujarnya saat dikonfirmasi (04/08/2021).

Dari permasalahan itulah dinilai perlu adanya sebuah wadah konseling mahasiswa yang bersifat fleksibel, mengingat pandemi membuat mahasiswa masih terbilang sulit untuk mendapatkan wadah untuk berkeluh kesah. “Ide media layanan konseling elektronik ini digagas dengan system yang fleksibel, bersifat rahasia, dinaungi oleh orang kompeten di bidangnya dan disertai dengan video motivasi rekomendasi guna memfasilitasi konseling mahasiswa di masa pandemi,” tambahnya.

Keberhasilan yang diraihnya tentu tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan para dosen dan juga pembimbing yaitu, I Putu Pasek Suryawan, S.Pd, M.Pd. Selain menjadi juara I dalam ajang tersebut, Wia sapaan akrabnya juga pernah meraih berbagai penghargaan dalam ajang lainnya seperti KBMI (Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia) didanai Kemendikbud Tahun 2021, PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) didanai Kemendikbud Tahun 2021, dan berbagai penghargaan lainnya. Sederet prestasi ini membuatnya semangat untuk terus berkarya dan mencoba hal baru, terlebih di masa pandemi ini ingin tetap produktif, berkreasi dan berinovasi membawa nama Undiksha di kancah nasional. “Hal yang memotivasi saya adalah bagaimana kita terus berkarya dan mencoba hal baru sekaligus keluar dari zona nyaman guna mengasah dan melatih diri untuk terus produktif di masa pandemic sekaligus membawa nama lembaga di kancah nasional,” tuturnya. (hms)

Informasi Publik