Gelar P2M, Forkom Bidikmisi Undiksha Salurkan Sembako di Desa Les

Forkom Bidikmisi Undiksha menggelar aksi berbagi sembako di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Sabtu (12/12/2020).

Singaraja- Forum Komunikasi Bidikmisi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar aksi berbagi sembako di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Sabtu (12/12/2020). Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dharma perguruan tinggi dalam hal pengabdian masyarakat dan Tri Hita Karana dalam hal pawongan, yaitu menjaga hubungan baik antarsesama.

Ketua Panitia, Putu Dany Indrawan Sidhi menjelaskan kegiatan ini juga sebagai salah satu program kerja dari Forum Bidikmisi tahun 2020-2021. Sembako disalurkan kepada 50 Kepala Keluarga (KK) yang masuk golongan kurang mampu maupun terkena dampak pandemi Covid-19. “Ini implementasi Tri Dharma Peguruan Tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Ketua Forkom Bidikmisi Undiksha, I Komang Gede Wirayasa mengharapkan program ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. “Kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi falsafah Tri Hita Karana yang menjadi landasan visi Undiksha,” ucapnya.

Sementara itu, Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa Undiksha, Gede Sada Wijaya yang mewakili Rektor mengapresiasi kegiatan sosial ini. Hal tersebut menunjukkan ada kepedulian mahasiswa sebagai insan akademik kepada masyarakat, khususnya yang ekonominya menengah ke bawah. “Kami mendukung kegiatan ini dan berharap dapat berjalan berkelanjutan,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga berbagi informasi tentang beasiswa Bidikmisi atau yang sejak tahun 2020 berubah menjadi program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK). Dinyatakan, setiap tahun Undiksha mendapatkan kuota ratusan orang untuk beasiswa tersebut. “Beasiswa ini ditujukan kepada adik-adik yang mengalami kesulitan ekonomi dan berprestasi,” terangnya.

Perbekel Les, Gede Adi Wistara merespon positif kegiatan ini. “Kita harus bersyukur dalam situasi ini masih ada yang peduli. Kita tahu kampus mencetak mahasiswa, yang diharapkan bisa turut berkontribusi menjehterakan masyarakat,” ucapnya. Ia pun berharap kedepannya Undiksha dapat semakin hadir di masyarakat, turut berkontribusi dalam memecahkan persoalan yang muncul. (hms)

Informasi Publik