Gandeng Komunitas “Sister for Charity”, UKM Menwa Undiksha Berbagi di Desa Bungaya

UKM Mnewa Undiksha menggelar kegiatan PkM di Dusun Lebah Sari, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Sabtu, (8/5/2021).

Singaraja- Kepedulian terhadap sesama menjadi salah satu misi yang selalu diemban Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa Ugracena Bali Batalyon B-920/Jayastambha Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Misi tersebut oleh organisasi kemahasiswaan ini diaktualisasikan melalui program Pengadian kepada Masyarakat (PkM) yang bertajuk “Buka Bersama (Bukber) & Undiksha Berbagi”. Kegiatan ini berlangsung di Dusun Lebah Sari, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Sabtu, (8/5/2021).

Kegiatan Buka Puasa bersama warga Dusun Lebah Sari berlangsung di Masjid At-Taubah Lebah Sari dan dihadiri oleh masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Saat itu pula dilaksanakan pembagian sembako bagi warga lanjut usia, pemberian bantuan kepada anak yatim berupa perlengkapan ibadah, dan penyerahan alat protokol kesehatan untuk tempat ibadah. Pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan komunitas Sister for Charity yang beranggotakan  dari Belanda,  Indonesia, dan Belgia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina I UKM Menwa I Putu Gede Parma, S.St.Par., M.Par, Pembina II UKM Menwa Undiksha Arief Billah, S.Pd, perangkat Desa Bungaya, Komandan Resimen Mahasiswa Ugracena Bali Batalyon B-920/Jayastambha Undiksha. Disela itu, Gede Parma menyampaikan pelaksanaan aksi sosial ini sudah kesekian kali dilakukan, sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga sebagai bentuk implementasi falsafah Tri Hita Karana dalam hal pawongan, yaitu hubungan harmonis antarsesama. “Kegiatan ini menjadi salah satu media kami untuk bisa saling berbagi sekaligus untuk menjalin tali silatuahmi,” jelasnya.

Bantuan tersebut, oleh akademisi di Fakultas Ekonomi Undiksha ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat, terlebih di tengah pandemi Covid-19. “Bantuan kami memang jumlahnya tidak banyak. Tetapi kami berharap ini bisa memberikan manfaat untuk warga,” imbuhnya.

Sebelumnya, di desa yang sama, UKM Menwa Undiksha juga sempat melaksanakan kegiatan bedah sarana prasarana Lapangan Bulutangkis milik masyarakat, pembuatan tiang bendera, pembagian sembako, pembagian masker, senam sehat bersama, serta pemberian materi pendahuluan bela negara kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD). (rls/hms)

Informasi Publik
Indonesia