Dukung Peningkatan Perekonomian, Undiksha Serahkan Bibit Tanaman Buah di Pejarakan

Singaraja– Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan Undiksha serangkaian Dies Natalis ke-28 tidak hanya berhenti di Desa Baktiseraga, Buleleng. Kegiatan ini berlanjut ke Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Kamis (14/1/2021). Undiksha menyerahkan ratusan bibit tanaman buah untuk dikembangkan di hutan desa.

Ketua Pusat Layanan PkM Undiksha. Dr. I Wayan Mudana, M.Si., menyampaikan kegiatan PkM menjadi hal rutin dilaksanakan Undiksha. Program ini secara tegas telah tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ia berharap gerakan Undiksha ini berkontribusi dalam pengembangan potensi desa yang nantinya bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat. Hal ini yang menjadi salah satu alasan untuk menyalurkan bantuan berupa bibit tanaman buah. “Kami serahkan bantuan berupa tanaman buah. Kami berharap Desa Pejarakan nantinya dapat menjadi ekowisata dan perekonomian masyarakat semakin meningkat,” katanya.

Sekretaris Pusat Layanan PkM, Luh Putu Indah Rahmawati, Ph.D., mengatakan bibit tanaman yang diserahkan berupa mangga, sawo, kelapa genjah dan beringin. Tanaman tersebut banyak dikembangkan oleh masyarakat dan cocok dengan lingkungan. “Kalau kelapa, bisa untuk mendukung bahan upakara. Ini sangat diperlukan. Kami ingin ini dapat berkembang dengan baik, sehingga bermanfaat untuk masyarakat desa,” imbuhnya.

Perhatian Undiksha ini mendapat apresiasi dari Perbekel Pejarakan, I Made Astawa. Dijelaskan saat ini masyarakat desa diperkenankan untuk mengelola hutan seluas 700 hektar. Tanaman buah ini akan dikembangkan di lahan tersebut. (hms)

Informasi Publik