Dukung Pelaksanaan PPG-Daljab 2021, Undiksha Gelar Penyegaran Instruktur

Undiksha menyelenggarakan penyegaran instruktur PPG, Selasa (6/4/2021)

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha pada tahun 2021 kembali menjadi pelaksana program Pendidikan Profei Guru Dalam Jabatan (PPG-Daljab). Mendukung hal tersebut, universitas negeri terbesar di Bali Utara ini menyelenggarakan rekrutmen dan penyegaran instruktur dosen dan guru, Selasa (6/4/2021).

Koordinator PPG Undiksha yang diwakili oleh Sekretaris PPG Undiksha, Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd., mengatakan kegiatan rekrutmen dan penyegaran instruktur ini diikuti oleh 202 orang yang terdiri atas 109 orang dosen dan 93 orang guru dari 11 bidang studi, yaitu Pendidikan Bahasa Bali, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling, Guru Kelas SD, Guru Kelas TK, Pendidikan IPA, Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Seni Rupa, dan Pendidikan Teknik Komputer dan Informatika. Para dosen ini nantinya bertugas membimbing mahasiswa dalam kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran dan PPL dan guru bertugas mendampingi dosen/instruktur PPG.  “Atas hal itu, kali ini kami melakukan penyegarakan. Memberikan informasi berkenaan dengan tugas maupun hal terkait lainnya,” ujarnya.

Acara ini dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I. Ia menyampaikan PPG adalah salah satu ujung tombak andalan pemerintah untuk menghasilkan guru-guru yang unggul, semakin profesional dan semakin berkualitas. Guru yang demikian menjadi tumpuan untuk ‘melahirkan” Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul pula, sebagaimana yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia untuk mendukung mewujudkan bangsa yang maju.

Pentingnya Program PPG, menurut akademisi asal Kabupaten Badung ini perlu didukung dengan kinerja yang maksimal oleh para instruktur. Instruktur mampu memberikan bimbingan, membangkitkan potensi yang dimiliki oleh para peserta, maupun mendorong untuk terus berinovasi, khususnya dalam bidang pengajaran. Hal ini juga menjadi salah satu harapan dari pemerintah. “Saya mengapresiasi keterlibatan para dosen dan para guru. Kami berharap proses PPG semakin kedepan semakin baik dan mampu menghasilkan guru yang profesional dan berkualitas,” katanya.

Selain memberikan sambutan, ia juga sekaligus sebagai narasumber bersama tim pelaksana PPG lainnya, yaitu Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd., Desak Putu Pajarastuti, M.Pd., dan I Gusti Putu Anom Arimbawa, ST. Materi yang disampaikan mencakup Kebijakan PPG Undiksha tahun 2021, pendalaman materi (analisis materi ajar berbasis masalah) dan sistem penilaian, pengembangan perangkat pembelajaran (perancangan pembelajaran) dan sistem penilaian, praktik pengalaman lapangan (praktik pembelajaran) dan sistem penilaian, serta bimtek LMS dan SIMPKB. (rls/hms)

 

Informasi Publik