Berjalan Baik, UP PPG Daljab III di Undiksha

Penyelia UP PPG Daljab III di Undiksha, Ahmad Syawal menyampaikan evaluasi pelaksanaan ujian kepada pengawas, Minggu (24/10/2021).

Singaraja- Ujian Pengetahuan (UP) berbasis domisili bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-Daljab) III di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berakhir, Minggu (24/10/2021). Ujian tersebut berjalan dengan baik. Demikian disampaikan penyelia, Ahmad Syawal. “Pelaksanaan UP mulai hari kemarin berjalan dengan baik. Hampir kelihatan di aplikasi tidak ada peserta yang mengalami kendala teknis,” terangnya.

Di luar teknis, sambungnya pengawas sempat menemukan beberapa peserta kurang disiplin, seperti terlambat masuk room virtual. Akan tetapi hal itu dapat teratasi dan ujian tetap berjalan sesuai jadwal. Dijelaskan lebih lanjut, dalam ujian dengan mode baru ini, antisipasi kecurangan perlu dilakukan. Diharapkan nantinya ada sistem dengan keamanan yang lebih tinggi dalam rangka mewujudkan lulusan yang berkualitas. “Kita sudah sampaikan bahwa pemerintah berharap dari PPG lahir guru-guru profesional dan menjadi benteng terakhir pembentukan kualitas guru. Itu harapannya sebenarnya disini,” ucapnya. Kelancaran ujian ini, menurut Syawal tidak lepas dari peran serta para pengawas dan panitia. Oleh karena itu, ia menyampaikan apresiasi atas kinerja maksimalnya. Diharapkan pelaksanaan ujian selanjutnya dapat bisa lebih baik.

Sementara itu, Koordinator PPG Undiksha, Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd., menjelaskan peserta ujian ini sebanyak 539 orang yang terdiri atas 17 bidang studi. Yaitu, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Teknik Otomotif, Perikanan, Seni Broadcasting dan Film, Seni Karawitan, Seni Musik, Tata Busana, Teknik Elektronika, Teknik Geomatika Spasial, Teknik Kimia, Teknologi Komputer dan Informatika, dan Teknologi Tekstil. Peserta tersebut baru kali pertama mengikuti ujian. Berbeda dengan ujian retaker sebelumnya, yang sudah sempat mengikuti ujian, tetapi belum lulus dan kemudian mengikuti ujian ulang. “Ujian kali ini berbeda dengan ujian retaker. Ini pesertanya baru semua dan baru pertama kali mengikuti ujian,” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, peserta tersebut tidak seluruhnya mengikuti program PPG di Undiksha, tetapi juga di perguruan tinggi lain yang dipercaya sebagai pelaksana oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dalam rangka mendukung kelancaran ujian, panitia sebelumnya telah memberikan pembekalan kepada seluruh peserta dan pengawas yang di dalamnya menyangkut teknis pelaksanaan ujian maupun ketentuan yang berlaku. (hms)

Informasi Publik