Ajang Duta Bahasa Provinsi Bali, Mahasiswa Undiksha Rebut Dua Juara

Singaraja– Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali mendapatkan kado manis dari mahasiswa berupa prestasi. Kali ini dipersembahkan oleh dua mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dari ajang Duta Bahasa Provinsi Bali tahun 2021. Mereka adalah Gilang Aditya Oka Pratama dari Program Studi D3 Bahasa Inggris yang meraih juara II dan Dwi Bayu Mustika dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai juara III.

Ajang tahunan ini berlangsung kurang lebih selama bulan yang dimulai dari tiga tahap seleksi dan grand final yang berlangsung di Dharma Negara Alaya Denpasar, 9 Juni 2021. Gilang menuturkan terdapat 130-an peserta yang mengikuti ajang tersebut. Melihat persaingan yang sangat ketat, ia berupaya mempersiapkan diri semaksimal mungkin, baik materi, tenaga, dan mental. Ia juga harus melalui sejumlah proses, mulai dari
penilaian karangan argumentasi, presentasi, debat, diskusi kelompok terpumpun, wawancara mendalam, penampilan bakat, uji kemahiran bahasa asing, uji kemahiran bahasa daerah, dan uji kemahiran bahasa Indonesia. Perjuangannya itu terbayarkan dengan menjadi juara. “Awalnya tidak menyangka karena seluruh finalis adalah orang-orang yang hebat, dan kebetulan saya adalah finalis termuda di angkatan 2021 ini,” tuturnya saat dikonfirmasi, Kamis (10/6/2021).

Raihan prestasi ini tidak langsung membuatnya puas diri. Melainkan menjadi motivasi untuk terus mengasah kemampuan dan berkontribusi dalam mewujudkan misi kebahasaan bersama duta bahasa lainnya. “Setelah mengikuti ajang ini, pastinya saya akan fokus terlebih dahulu dalam mengemban tugas sebagai seorang duta bahasa, dan astungkara jika diberi kesempatan lagi saya ingin mencoba mengikuti ajang yang lebih tinggi lagi, seperti halnya di tingkat internasional,” ucapnya.

Disampaikan lebih lanjut, keikutsertaannya dalam ajang ini tidak lain karena ingin menggalakan semangat literasi di kalangan masyarakat. Pasalnya, tingkat literasi khususnya generasi muda masih sangat kurang. “Ini yang mendorong saya untuk menciptakan sebuah visi mengenai kebahasaan, sastra, dan literasi. Dengan mengikuti ajang ini, saya ingin berkontribusi nyata bersama seluruh anggota paguyuban Duta Bahasa, serta mewujudkan seluruh misi kami terkait bahasa, sastra dan literasi ke masyarakat, utamanya generasi muda,” imbuh mahasiswa semester II ini.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., memberikan apresiasi raihan prestasi ini karena memberikan kontribusi dalam peningkatan daya saing universitas maupun secara khusus dalam Sistem Informasi Pemeringkatan Kemahasiswaan setiap tahun. “Meskipun dalam suasana pandemi, semangat mahasiswa untuk berkompetisi tetap tinggi dan bisa menorehkan prestasi. Ini tentu sangat kami apresiasi,” katanya.
Prestasi ini diharapkan dapat disusul dengan prestasi lain. Demikian juga dengan mahasiswa dapat semakin banyak tampil dalam kompetisi. “Undiksha terus berupaya meningkatkan prestasi. Ini perlu dukungan dari mahasiswa,” imbuhnya. (hms)

Informasi Publik
Indonesia