Ajang DIMAS-TI AMLI, Dua Tim Undiksha Raih Juara

Komang Hendri Nugraha Putra (paling kanan), Kadek Dwiki Juliantara (paling kiri), dan Kadek Sonia Wikantari.

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali tercatat sebagai juara dalam ajang tingkat nasional. Hal tersebut diraih oleh dua tim dalam Pagelaran Mahasiswa Pendidikan, Matematika, Sains, dan Teknologi Informasi Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (DIMAS-TI AMLI) 2021. Tim pertama terdiri atas Kadek Aldi Setiawan, Ni Kadek Dwi Utami, dan I Ketut Ardika. Tim kedua terdiri atas Komang Hendri Nugraha Putra, Kadek Dwiki Juliantara, dan Kadek Sonia Wikantari. Seluruhnya dari Jurusan Matematika. 

Pada kompetisi dengan tuan Rumah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terdiri atas 3 cabang lomba. Salah satunya adalah lomba microlearning yang diikuti oleh 13 tim dari perguruan tinggi LPTK di Indonesia. Tim Undiksha menampilkan produk microlearning, yang merupakan cara pembelajaran dalam bentuk potongan kecil, khusus dan esensial. Dalam hal ini, siswa dapat mengendalikan apa dan kapan mereka belajar. Secara khusus, tim pertama yang bernama Undiksha 1 menyajikan materi tentang aturan pencacahan. Dalam pengumuman pemenang yang berlangsung pada 27 Juli Tim ini berhasil meraih jura III. Sementara itu, untuk tim kedua yang bernama Matrik’s Jaya menyajikan materi kalkulus integral dan berhasil meraih juara I. Raihan ini sekaligus mengantarkan Undiksha sebagai juara umum II.

Dwiki Juliantara menuturkan raihan prestasi ini tidak lepas dari peran pembimbing Dr. I Nyoman Sukajaya, M.T. dan I Made Suarsana, S.Pd., M.Si. maupun dukungan dari pimpinan fakultas dan rektorat. “Kami mempersiapkan lomba ini di sela-sela kesibukan mengajar dan mempersiapkan ujian skripsi,” tuturnya, Senin (2/8/2021).

Terhadap prestasi itu, dirinya bersama anggota tim mengaku bangga. “Tentu sangat senang dan bahagia, karena pertama kalinya mendapatkan juara di tingkat nasional mewakili kampus. Saat babak final presentasi pun sempat mengalami kendala jaringan kurang stabil sehingga benar-benar di luar dugaan kami bisa mendapat capaian ini,” katanya. Selain prestasi ini, sebelumnya bebera anggota tim juga pernah meraih prestasi dalam kompetisi matematika dan karya ilmiah tingkat nasional.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd memberikan apresiasi atas raihan prestasi ini. Menurutnya itu sebagai hasil dari semangat berkarya dan perjuangan. Diharapkan kedepan semakin banyak mahasiswa yang menorehkan prestasi serupa dan pada tingkat yang lebih tinggi. “Kami di pimpinan sangat mendukung mahasiswa untuk berkompetisi,” tegasnya. (hms)

Informasi Publik